PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Peluang bisnis otomotif, cara tepat menuju sukses!


Otomotif  |  07 February 2022  |   1250 Pengunjung

Peluang bisnis otomotif, cara tepat menuju sukses!

Otomotif  |  07 February 2022 Peluang bisnis otomotif, cara tepat menuju sukses!

Peluang bisnis otomotif, cara tepat menuju sukses!

Peluang selalu datang setiap hari, termasuk peluang bisnis. Peluang bisnis di industri otomotif juga menjadi salah satu pilihan bisnis yang diminati para calon pengusaha. Sayangnya, sedikitnya pengetahuan bisnis seringkali membuat pelaku bisnis kehilangan kesempatan untuk mengembangkan peluang bisnis yang telah direalisasikan.

Peluang Bisnis Otomotif

Peluang bisnis otomotif terus berkembang seiring dengan kemajuan dunia otomotif. Di Indonesia, perkembangan dunia otomotif semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penjualan mobil dan asesorisnya. Oleh karena itu, peluang bisnis otomotif sangat luas dan peminatnya terus meningkat. Artikel ini membahas beberapa peluang bisnis otomotif yang ada.

1. Kegiatan jual beli kendaraan (mobil dan sepeda motor)

Salah satu perusahaan otomotif yang cukup terkenal adalah mulai menjual mobil dan motor, baik mobil baru maupun bekas. Usaha ini membutuhkan modal komersial, tetapi jika modal usaha tidak tersedia, usaha ini masih dapat bekerja dengan perantara (broker) yang menghubungkan prospek dengan pembuat mobil dan distributor.

2. Perdagangan suku cadang mobil dan sepeda motor

Suku cadang adalah suku cadang mobil dan sepeda motor. Jika mobil atau sepeda motor Anda rusak, Anda mungkin mencari bagian yang rusak. Dan ganti saja bagian-bagiannya. Bisnis penjualan suku cadang cukup menggiurkan. Karena tidak terpengaruh tren, risiko relatif rendah, harga dan permintaan umumnya stabil, dan nilai aset jarang berubah.

3. Perawatan mobil dan sepeda motor

Jika Anda memiliki mobil atau sepeda motor, Anda ingin bersih dan berkilau. Tetapi beberapa dari mereka tidak punya waktu untuk merawat mobil. Dengan demikian, peluang usaha mobil di bidang perawatan dan servis mobil terbuka misalnya di bengkel atau showroom.

4. Bisnis aksesoris dan renovasi mobil

Bisnis aksesoris dan retrofit mobil yang tidak kalah dengan peluang bisnis mobil lainnya juga menjanjikan keuntungan yang signifikan. Di antara aksesoris retrofit mobil, konsumen selalu mencari perangkat penghemat bahan bakar dan aksesoris retrofit mobil.

5. Bisnis Perlengkapan Pengendara

Selain mengubah tampilan mobil dan motor, sebaiknya perhatikan juga aksesoris pengendara seperti helm, jaket, sarung tangan, kain lap, bantalan mobil, sarung tangan kemudi, dll. Bisnis ini juga merupakan awal yang baik jika Anda ingin memulai dari yang kecil.

6. Usaha persewaan mobil

Peluang bisnis rental mobil membutuhkan modal usaha karena membutuhkan banyak kendaraan yang tersedia untuk disewakan kepada konsumen. Bisnis ini sangat ramai dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan keluarga yang ingin berwisata.

 

Cara Tepat Menumbuhkan Bisnis Otomotif Anda

1. Buat nama perusahaan dengan nama yang unik.

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah nama perusahaan Anda, buat nama unik  yang akan membantu konsumen mengingat bisnis Anda.

2.Bekerja sama dengan komunitas

Masyarakat di Indonesia sangat senang membuat komunitas dan melakukan aktivitas bersama.

Peluang usaha yang sedang Anda kerjakan dapat memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas. Jumlah anggota komunitas yang cukp banyak dan mempunyai kekuatan mereka untuk menyebarkan info produk/layanan anda menjadi alasan melakukan kerjasama dengan komunitas untuk mengembangkan peluang usaha Anda.

3.Promo di sosial media

Ada berbagai jenis sosial media yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan Usaha Anda. Meskipun promosi media sosial tidak memerlukan investasi modal yang signifikan, namun hal tersebut mengharuskan Anda untuk rajin membangun hubungan dengan konsumen melalui platform media sosial yang Anda gunakan.

4. Iklan Unik

Anda dapat membuat iklan yang unik lalu mempromosikan bisnis Anda dengan membuat iklan di berbagai platform seperti YouTube. Buat iklan unik yang membuat pemirsa ingin melihat dan bertanya-tanya tentang iklan Anda.

5. Kerjasama dengan penjamin

Anda dapat bekerja dengan orang-orang terkenal. Ini adalah salah satu cara Anda dapat mempromosikan bisnis Anda. Selebriti membantu mempromosikan bisnis mereka dengan mengunggah ke jejaring sosial, tetapi mereka membutuhkan uang untuk menjalankan promosi.

6. Akuntansi Sederhana

Jika Anda mengetahui dasar-dasarnya, peluang bisnis otomotif sangat menjanjikan. Selain memahami produk mobil yang Anda jual, Anda perlu memperhatikan laporan keuangan Anda dan barang-barang lainnya agar tidak merugi. Lebih mudah daripada pembukuan bisnis mobil manual menggunakan perangkat lunak pembukuan tradisional.