PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Musim Pensiun Dini Setelah Idul Fitri


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  27 April 2023  |   597 Pengunjung

Musim Pensiun Dini Setelah Idul Fitri

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  27 April 2023 Musim Pensiun Dini Setelah Idul Fitri

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2023 sudah selesai. Selepas Hari Raya usai biasanya menjadi momen paling sibuk bagi tim SDM perusahaan. Dimasa ini mesti ada karyawan yang memutuskan hubungan kerja dengan perusahaan. Momen Lebaran bagi karyawan dirasa tepat untuk memutuskan hubungan kerja dengan kantor mereka. Hal ini karena Lebaran jadi musim di mana karyawan bisa dapat bonus tahunan.

Karyawan-karyawan ini biasanya mempunyai ragam alasan kenapa mereka putuskan untuk resign dari tempat kerjanya. Salah satu yang cukup sering yaitu tak ada pengembangan karir.

Namun di era 2023 ini yang cuacanya sedang ekstrem, ada ragam penyebab umum karyawan melakukan pengunduran diri seusai Lebaran, seperti yang dijelaskan tim personalia ASURANSIKU.id berikut ini:

Waktu Kerja Kurang Fleksibel
Perubahan zaman serta teknologi diikuti juga dengan sistem kerja kantoran masa kini. Apalagi selepas pandemi Corona Covid-19, semua segmen industri kebanyakan memberi kesempatan karyawannya bekerja di mana saja.

Hal ini menjadikan sebagian dapat bekerja santai di mana saja dengan tidak ada ikatan aturan jam kerja. Karyawan yang memiliki pemikiran ini meyakini waktu kerja fleksibel bisa memberi peningkatan pada performa kerja menjadi lebih baik.

Tak Cocok Lingkungan Serta Budaya Kerja
Penting bagi perusahaan agar punya budaya serta lingkungan kerja yang positif. Tempat kerja yang toxic serta tak ada ramah tamah membuat karyawan jengah. Selain itu alasan lain seperti lembur tak dibayar juga dapar bikin karyawan cari-cari kerjaan di tempat lain.

Burnout
Kondisi burnout membuat pekerja kantoran lelah fisik berlebihan, emosi mental serta motivasi bekerjanya hilang. Para pekerja ini merasa kewalahan pada tugas atau dan tuntutan yang berlebihan. Dampaknya sangat buruk bukan hanya bagi karyawan namun juga bagi perusahaan.

Atasan Kurang Empati
Karyawan merasa dihargai bila atasan memiliki usaha untuk mendukung serta memahami mereka. Sikap empati atasan dengan tak langsung bisa menciptakan keadaan kerja yang positif. Kepemimpinan yang baik seperti ini bisa memberi kepuasan karyawan untuk bekerja di perusahaannya.

Tidak Ada Kesempatan Pengembangan Karir
Kesempatan mengembangkan karir bagi karyawan merupakan ajang untuk meningkatkan keterampilan, gaji yang lebih tinggi, pengalaman serta juga tambahan ilmu baru. Kesempatan ini banyak dinanti karyawan.

Namun, tak semua perusahaan bisa memberi kesempatan itu. Hal ini memicu karyawan untuk cabut dari kantor dan cari kesempatan lebih mantap di perusahaan lainnya.

Gaji
Alasan resign paling sering diungkapkan mantan karyawan. Kenyataannya memang ini yang membuat karyawan undur diri. Mereka yang cabut dari kantor lama dapat tawaran gaji lebih baik pada perusahaan lainnya. Tentu saja para karyawan pilih resign ketimbang nunggu lama buat kenaikan gaji.

Visi dan Misi Yang Berubah
Sering terjadi pada ekosistem perusahaan akan keselarasan visi misi yang tak seperti awal terbentuknya. Perubahan minat serta keterampilan kerja karyawan semakin berbeda dengan perusahaan ini yang dapat menjadi memicu karyawan resign.(ast/rsv)