PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Mengelola Keuangan UMKM supaya bisnis Konsisten


Akhmad Armin  |  Finansial  |  06 December 2021  |   1322 Pengunjung

Mengelola Keuangan UMKM supaya bisnis Konsisten

Finansial  |  06 December 2021 Mengelola Keuangan UMKM supaya bisnis Konsisten

Saat memulai usaha, apapun jenis usahanya, selama masih dalam tahap rintisan, pastikan telah merencanakan keuangan demi perkembangan bisnis mendatang karenanya, dengan merencanakan pola keuangan akan membuat bisnis terus bertahan.

Karena, seperti yang telah banyak diketahui bahwa bisnis yang tidak direncanakan, keuangan yang tidak tertata dan dikelola dengan baik, akan mengancam keberlangsungan bisnis.

Memisahkan Keuangan Pribadi

Uang bisnis dan uang pribadi harus dipisahkan, karena dengan ini dapat memantau laba aktiva pasiva dari neraca keuangan, lakukan pencatatan secara teratur dengan total keuntungan kerugian harian, mingguan bulanan.

Anggaran

Alokasikan budget operasional, jangan ragu mengeluarkan uang bernilah lebih besar, selama hasilnya menjanjikan, seperti membiayai jasa promosi unit bisnismu atau memberikan diskon atau cashback bagi pelanggan.

Evaluasi Pengeluran

Saatnya melakukan evaluasi atas anggaran termasuk biaya promosi yang kamu keluarkan, lakukan setiap bulan untuk meng-evaluasi, apakah biaya promosimu seperti mencetak brosur, memasang reklame, hingga melakukan endorse terhadap sosok influencer bisa mendatangkan profit bagi usahamu ?

Pantau Aset

Pastikan aset usahamu termanage dengan baik, agar harta usahamu dapat digunakan semaksimal mungkin, mulai dengan perawatan, perbaikan, peremajaan hingga menjadikan asetmu lebih fungsional.

Atur Stok

Pastikan keuanganmu di kelola dengan baik, dengan cara mengatur stok bahan untuk dijual kembali, karena biasanya di musim tertentu, pihak distributor atau supplier akan kehabisan barang untuk stok kamu, sehingga biasanya harga akan naik, dan ini tentu memberatkan keuanganmu.

Efisiensi

Pastikan melakukan efisiensi terhadap keuanganmu, setelah monitoring keuangan, kurangi pengeluaran yang tidak perlu, berhematlah terhadap biaya operasional apabila ongkos operasional tidak lagi relevan.

Menjalankan dan mengelola bisnis UMKM memang relatif berat karena masih tahap merintis, namun jika terbiasa dengan pola bisnis dan keuangan, serta memahami cara kerja bisnismu, tentu kamu akan dengan mudah beradaptasi, dan jangan lupa teruse belajar.

Belajar dari kesalahan, dan fokus terhadap perkembangan bisnismu, agar lebih aman dan terjamin, jangan lupakan asuransi properti untuk lokasi bisnis kamu, agar jika terjadi sesuatu, keuangan kamu relatif aman dari pengeluaran membengkak.(Arm)

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service