PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Mengatur Keuangan


Akhmad Armin  |  Finansial  |  02 December 2021  |   1336 Pengunjung

Mengatur Keuangan

Finansial  |  02 December 2021 Mengatur Keuangan

Apakah setelah gajian langsung checkout keranjang belanja online? ataukah lebih mendahulukan kepentingan keluarga, atau untuk berderma ? agar lebih mudah mengatur dan mengontrol, pastikan dulu skala prioritasmu.

Dalam mengatur keuangan dibutuhkan 3 pondasi dasar, Kebutuhan Dasar, Kewajiban dan tabungan, Kebutuhan dasar mengacu pada bagaimana kebutuhan kita harus terpenuh, seperti konsumsi, transportasi.

Yang selanjutnya kewajiban juga meliputi tagihan, hutang berderma, membantu keluarga, sedangkan tabungan bisa untuk jangka panjang, jangka pendek dan jangka menengah, agar tabungan dapat terarah, pastikan untuk tabungan dana darurat, yang selanjutnya adalah asuransi dan investasi.

Buat Anggaran

Dalam menentukan anggaran bulanan, 3 hal dasar diatas tadi adalah acuan terpentingnya, lakukan breakdown terhadap kewajiban terlebih dahulu, yang selanjutnya kebutuhan pribadi, yang kemudian adalah asuransi dan tabungan.

Daftar Belanja

Saat hendak membelanjakan uang untuk keperluan, pastikan semua sudah sesuai yang akan di targetkan, agar tidak kebablasan, pisahkan belanjaan yang dapat dibeli di tempat tertentu atau yang dapat dibeli di warung harian.

Kebutuhan dan Keinginan

Pastikan kebutuhan dan keinginan kamu bisa terperinci dengan jelas, rumus sederhananya adalah, jika hendak membelanjakan uang diatas 500ribu yang belum tentu sebuah kebutuhan, pikirkan lebih dalam lagi hingga 1 minggu kedepan.

Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Setelah mendapat pemasukan, lakukan pencatatan, di tanggal berapa dan dari mana saja (jika pemasukan lebih dari 1 sumber), dan catat juga setiap pengeluaran, uang yang dibelanjakan, agar dapat di monitor dan kontrol.

Dalam mengelola keuangan, hal terpenting adalah self control, selanjutnya memisahkan antara kebutuhan dan keinginan, yang selanjutnya adalah memilah dengan skala prioritas.

Tabungan utama adalah hal terpenting, namun jangan sampai lupakan peran tabungan dana darurat, agar kedua tabungan ini tetap aman, belilah produk asuransi, terutama asuransi kendaraan atau asuransi kesehatan, yang apabila membutuhkan pengobatan atau perbaikan kendaraan,tidak merusak isi tabungan kamu.(Arm)

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service