PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Mengajari Anak Soal Uang


Rosasiva  |  Umum  |  20 February 2023  |   872 Pengunjung

Mengajari Anak Soal Uang

Umum  |  20 February 2023 Mengajari Anak Soal Uang

Tentunya uang itu tidaklah asing di dengar oleh orang lain termasuk kepada anak-anak. Uang adalah sarana transaksi alat tukar atau bisa di sebut medium of change, yang menjadi sarana transaksi pembayaran dengan mempermudah pertukaran antara uang dengan benda atau jasa yang diperjual belikan. Uang juga merupakan alat tukar yang sah di suatu negara dan memiliki nilai. Lalu bagaimana cara mengajari kepada anak soal uang?

Penting bagi kita orangtua untuk mengajarkan kepada anak-anaknya berbagai hal yang baik, karan setiap anak pasti tumbuh dan berkembang dengan seiring berjalan nya waktu. Proses tahapan kepada anak dari mulai bayi, anak-anak, remaja, bahkan hingga dewasa. Salah satunya dalam mengajarkan tentang pentingnya uang sejak dini, dikarenakan anak pasti akan tumbuh berkembang di lingkungan masyarakat. Sehingga jika sudah tumbuh menjadi dewasa pasti bisa terbiasa untuk mengelola uang dengan baik dan benar. Seperti mengatur keuangan dari pemasukan hingga pengeluaran, dan mengajarkan anak untuk melakukan pertimbangan sebelum menggunakan uang agar dia bisa mengetahui mana barang yang dibutuhkan mana barang yang hanya sesuai keinginan dia saja,
sehingga si anak tidak akan menghabiskannya begitu saja.

Cara anak untuk mengajari anak ialah:

? Ajak anak untuk melakukan kegiatan menabung dengan sisa uang jajan agar terbiasa hingga dewasa.
? Memberikan anak dengan sejumlah uang setelah melakukan pekerjaan termasuk pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel, membersihkan kamarnya sendiri, mencuci piring, membersihkan rumah dan sebagainya dengan memberikan
reward (hadiah) di akhir pekerjaannya.
? Melakukan suatu permainan yang berhubungan dengan jenis-jenis uang.
? Jika berbelanja ajak anak untuk ikut berbelanja agar dapat mengetahui cara transaksi jual beli.
? Atau bisa pula kita mengajak anak-anak kita untuk berbisnis kecil-kecilan, seperti menjual barang mainan miliknya, agar bisa mendapatkan uang hasil dia sendiri.
Sehingga anak juga terbiasa menjadi anak yang lebih mandiri, kreatif, dan juga melatih suatu mental kepada anak sejak dini. Dan dengan mengajarkan anak dapat mengenali uang dapat membantu anak untuk bisa mengelolanya sendiri.

Kehidupan manusia tak pernah terlepas dari benda bernama uang. Oleh sebab itulah, kemampuan manajemen keuangan termasuk hal wajib yang harus dimiliki tiap manusia. Layaknya keterampilan hidup yang lain, pemahaman terhadap pengelolaan uang ini dapat diberikan orang tua semenjak sang buah hati tengah menginjak usia kanak-kanak.

ASURANSIKU.id berkeyakinan memang tak ada cara instan agar membuat anak-anak untuk sadar nilai sebuah uang, serta pentingnya mengelola uang. Orang tua wajib turut juga berproses guna membuat si anak pahami nilai uang beserta pemanfaatannya.(rsv)

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service