PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Manfaat Istimewa Yang Hilang Akibat Telat Bayar Asuransi Kesehatan


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  31 March 2022  |   600 Pengunjung

Manfaat Istimewa Yang Hilang Akibat Telat Bayar Asuransi Kesehatan

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  31 March 2022 Manfaat Istimewa Yang Hilang Akibat Telat Bayar Asuransi Kesehatan

Tidak ada yang ingin jatuh sakit, tetapi itu tidak ada di tangan kita. Kebanyakan orang membutuhkan perawatan medis di beberapa titik dalam hidup dan harus kembali ke asuransi kesehatan. Jadi, penting untuk tetap diasuransikan sepanjang waktu dan memperbarui polis Anda pada atau sebelum tanggal jatuh tempo.

Sebagian besar polis asuransi kesehatan berlaku selama satu tahun, dan pemegang polis diharuskan memperbaruinya untuk satu tahun lagi pada akhir periode polis. Bagi mereka yang gagal memperbarui mediclaim atau polis asuransi kesehatannya tepat waktu, perusahaan asuransi kesehatan memberikan kesempatan kedua, yang dikenal sebagai masa tenggang untuk pembaruan asuransi kesehatan. Jadi, masa tenggang perpanjangan mediclaim adalah waktu tambahan bagi pemegang polis untuk membayar premi dan terus menikmati manfaat pertanggungan asuransi kesehatan mereka tanpa istirahat.

Masa tenggang untuk perpanjangan asuransi kesehatan biasanya bervariasi mulai dari seminggu hingga 30 hari. Masa tenggang untuk polis asuransi kesehatan seperti garis hidup dan harus digunakan seperti itu. Jika Anda gagal membayar premi dalam masa tenggang, polis Anda kedaluwarsa, dan Anda kehilangan semua manfaat bersama dengan hak istimewa dan poin loyalitas yang harus Anda peroleh selama beberapa waktu.

Masa tenggang asuransi kesehatan tidak boleh disamakan dengan masa tunggu. Masa tunggu adalah ketika pemegang polis baru harus menunggu sebelum mendapatkan manfaat dari polis asuransi kesehatan. Klaim yang diajukan selama periode ini ditolak.

Manfaat dan hak istimewa yang bisa hilang akibat telat bayar asuransi kesehatan:
Tidak Memberi Perlindungan

Kerugian paling signifikan dari tidak memperbarui polis kesehatan Anda selama masa tenggang asuransi kesehatan adalah Anda tidak memiliki pertanggungan. Polis yang telah berakhir tidak memberi Anda perlindungan asuransi apa pun, dan bahkan jika Anda mengajukan pendekatan baru, mungkin perlu berhari-hari sebelum Anda mendapatkannya. Mengingat biaya perawatan medis dan rawat inap, tidak bijaksana untuk tetap tanpa polis asuransi bahkan untuk satu hari.

Anda akan kehilangan bonus tanpa klaim
bonus tanpa klaim adalah salah satu fitur yang paling menarik dari polis asuransi kesehatan. Ini adalah insentif yang diberikan perusahaan asuransi kepada pelanggan mereka yang tidak mengklaim dalam setahun. Ini diberikan baik sebagai bonus kumulatif atau diskon premi. Bonus kumulatif berarti jumlah pertanggungan Anda untuk tahun depan akan meningkat, tergantung pada bonus, sementara premi akan tetap sama.

Portabilitas kebijakan
Jika Anda membiarkan polis Anda kedaluwarsa, Anda kehilangan fasilitas untuk mentransfernya ke perusahaan asuransi kesehatan baru. Anda diminta untuk meminta transfer paket setidaknya 45-60 hari sebelum tanggal kedaluwarsa polis.

Kebijakan baru pasti mahal
Sebuah kebijakan baru akan dikenakan biaya lebih karena biaya asuransi kesehatan terus meningkat. Plus, Anda akan menjadi satu tahun lebih tua, faktor lain yang mengarah ke premi yang lebih tinggi.

Masa tunggu lebih lama
Paket asuransi kesehatan memiliki masa tunggu 24-48 bulan yang berlaku untuk kondisi tertentu yang sudah ada sebelumnya dan manfaat bersalin. Dengan paket baru, Anda harus menunggu beberapa tahun lagi sebelum Anda dapat mulai menggunakan fasilitas ini.

Cek kesehatan lagi
Anda mungkin harus menjalani pemeriksaan kesehatan terperinci untuk mendapatkan polis baru. Tes kesehatan ini adalah proses yang memakan waktu; selain itu, bagaimana jika Anda gagal dalam pemeriksaan medis? Anda tidak diharuskan mengikuti tes medis untuk pembaruan polis kesehatan.

Pembaharuan seumur hidup. Beberapa polis asuransi memiliki ketentuan untuk perpanjangan seumur hidup, dan jika Anda membiarkan rencana Anda berakhir, Anda kehilangan hak istimewa ini.

Kesimpulan:
Tetap tidak diasuransikan bukanlah pilihan. Tidaklah bijaksana untuk tetap tanpa asuransi kesehatan bahkan untuk sehari. Misalkan Anda tidak puas dengan rencana atau perusahaan asuransi kesehatan Anda saat ini. Dalam hal ini, Anda memiliki pilihan untuk beralih ke perusahaan asuransi kesehatan baru tanpa kehilangan manfaat, hak istimewa, atau poin bonus dari polis atau paket Anda saat ini. Perusahaan asuransi baru Anda harus memastikan bahwa manfaat yang Anda nikmati dan hak istimewa yang Anda peroleh dengan perusahaan asuransi Anda sebelumnya dipertahankan saat Anda beralih. Jadi, Anda menyimpan kredit yang berkaitan dengan masa tunggu untuk kondisi yang sudah ada sebelumnya setiap kali Anda mentransfer polis Anda.

Anda bahkan dapat beralih dari satu paket ke paket lainnya dengan perusahaan asuransi yang sama. Namun, Anda harus mengikuti kondisi tertentu jika Anda ingin mentransfer kebijakan Anda. Anda dapat memindahkan polis hanya ke arah yang lebih dekat dengan periode perpanjangan sehingga pada saat periode asuransi Anda berikutnya dimulai, Anda telah bergabung dengan perusahaan baru. Anda harus menulis kepada perusahaan asuransi Anda saat ini tentang keinginan Anda untuk mengubah rencana asuransi Anda setidaknya 45 hari sebelum perpanjangan Anda jatuh tempo.

Dengan cara ini, Anda akan dapat memperbarui polis Anda tanpa jeda karena Anda mendapatkan masa tenggang dalam paket asuransi kesehatan selama 30 hari jika porting dibatalkan.