PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Mahasiswa perlu tahu! 6 Tips Menghadapi Semester Baru Setelah Liburan Panjang


Umum  |  04 February 2022  |   1336 Pengunjung

Mahasiswa perlu tahu! 6 Tips Menghadapi Semester Baru Setelah Liburan Panjang

Umum  |  04 February 2022 Mahasiswa perlu tahu! 6 Tips Menghadapi Semester Baru Setelah Liburan Panjang

Mahasiswa perlu tahu! 6 Tips Menghadapi Semester Baru Setelah Liburan Panjang

Liburan panjang memang sangat menyenangkan bagi pelajar. Karena kamu bisa menghabiskan liburan bersama keluarga dan teman-teman setelah kesibukan kampus.

Liburan adalah bagian paling menyenangkan dari kuliah. Siswa bebas melakukan apa saja yang mereka inginkan tanpa membebani diri sendiri atau mengkhawatirkan waktu kelas.

Ya, tetap di rumah selama wabah yang belum selesai ini.

Anda harus tahu bahwa liburan telah berakhir. Mempersiapkan tahun ajaran baru dalam suasana baru. Banyak dari Anda mungkin berjuang dengan transisi kembali ke perguruan tinggi dari liburan. Misalnya, kebiasaan malas berlibur. Tentu saja ini harus berubah. Itu benar!

 Nah, inilah beberapa tips untuk memulai tahun ajaran baru setelah liburan panjang!

 1. Persiapan Kesehatan Jasmani dan Mental

 Kembali ke bangku kuliah membutuhkan persiapan baik fisik maupun mental. Ini penting untuk transisi dari liburan ke kuliah. Anda harus tetap sehat, terutama di masa pandemi. Menemukan motivasi juga merupakan bentuk persiapan mental untuk tahun ajaran baru. Saya berharap Anda memiliki tubuh dan pikiran yang sehat!

 2. Menetapkan Rencana atau Tujuan

Secara umum, setelah Anda menemukan motivasi Anda, Anda dapat memutuskan rencana atau tujuan apa yang ingin Anda capai di tahun ajaran baru. Misalnya, Anda ingin menggunakan kurikulum yang lebih agresif atau mengikuti magang di luar kampus sehingga Anda bisa mendapatkan IPK lebih tinggi dari semester sebelumnya. Tuliskan rencana dan tujuan Anda dan gunakan sebagai pengingat ketika Anda merasa malas atau membutuhkan motivasi untuk belajar.

3. Evaluasi Semester Lalu

Penilaian segala sesuatu yang terjadi pada semester terakhir merupakan salah satu aspek penting untuk dipertimbangkan. Jika Anda memiliki kebiasaan buruk, seperti terlalu malas untuk menyelesaikan tugas atau memenuhi tenggat waktu semester lalu, Anda harus lebih proaktif dalam menyelesaikan tugas Anda. Kamu juga harus bisa mengubah dirimu ke versi terbaik di semester baru.

 4. Memulihkan komunikasi dengan teman

Setelah liburan, akan ada orang yang jarang bertemu atau berkomunikasi melalui pesan. Sebaiknya hubungi teman kuliah Anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan kegiatan mengajar. Selain sekedar berbagi berita, Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar perguruan tinggi dan sekitarnya. Bangun hubungan yang lebih luas di tahun ajaran baru, dimulai dengan teman sekelas, di dalam kurikulum, atau di luar kampus. Ini juga sangat penting untuk kuliah dan masa depan Anda.

5. Atur Ulang Waktu Tidur

Banyak siswa yang mengabaikan poin ini, bukan? Jadwal tidur yang padat selama liburan akan merusak semangat Anda untuk semester baru. Mengubah jadwal tidur Anda membutuhkan pelatihan. Misalnya, Anda harus membiasakan bangun pagi dan tidur jam 10 malam. Hal yang sama berlaku untuk kesehatan Anda ketika Anda pergi ke perguruan tinggi.

6. Temukan Motivasi untuk Tetap Semangat

Tips selanjutnya adalah menemukan motivasi Anda sendiri. Banyak siswa yang merencanakan tujuan dan banyak niat positif untuk tahun ajaran baru. Namun ia berhenti di tengah jalan karena semangatnya sedang menganggur atau lemah. Untuk mengatasinya, temukan kekuatan atau motivasi untuk terus belajar dan melakukan hal-hal yang positif. Anda dapat menggunakan orang tua Anda sebagai sumber motivasi. Jadi jangan menyerah, ya!

Nah, itu dia 6 tips untuk menghadapi semester baru kuliah setelah libur panjang. Bisa dicoba ya guys, semoga bermanfaat bagi yang belum siap kuliah. Semoga berhasil, ya!