PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Macam-macam Anak Berkebutuhan Khusus Dan Jenisnya


Umum  |  09 March 2023  |   1684 Pengunjung

Macam-macam Anak Berkebutuhan Khusus Dan Jenisnya

Umum  |  09 March 2023 Macam-macam Anak Berkebutuhan Khusus Dan Jenisnya

Anak adalah sesuatu anugrah yang tuhan telah titipkan kepada orang tua, dan anak merupakan keturunan dari orangtuanya, anak merupakan manusia laki-laki dan perempuan yang belum mencapai usia tahap dewasa secara fisik dan mental juga belum di katakan pubertas. Di katakan anak-anak berada pada usia bayi hingga sekolah dasar.

Lalu apa yang di maksud dengan anak berkebutuhan khusus? Anak ABK adalah anak yang sangat memerlukan perhatian yang lebih serta kasih sayang, baik di lingkungan maupun di sekola. Karena hambatan dalam perkembangan dan pertumbuhannya dengan memiliki karakteristik yang khusus dan berbeda pada anak umumnya. Dan membutuhkan bantuan dan dukungan untuk ekstra mencapai potensinya.

Faktor dari anak berkebutuhan khusus karena penyebab sebelum kelahiran seperti halnya dengan infeksi kelahiran, faktor genetik, atau usaha pengguguran, seperti kekurangan nutrisi, terinfeksi, atau keracunan. Bagaimana si tingkah laku anak abk itu?  Dengan gangguan emosional dan prilaku karakteristiknya yang sama pada anak umumnya, yaitu seperti prilaku yang tidak nurut, berkelahi, perusak, mengucapkan kata-kata yang kotor, berprilaku tidak sopan, dan sebagainya. Dan apa saja jenis-jnis anak berkebutuhan Khusus ?  yaitu
1. Tunalaras 
Anak yang mengalami kesulitan dalam penyusaian dirinya atau tingkah lakunya yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

2. Tunadaksa
Anak yang memiliki kelainan (cacat) yang menetap pada alat geraknya.

3.  Tunanetra
Anak yang mengalami gangguan penglihatannya berupa kebutaan menyeluruh atau sebagainya. 

4. Tunarunggu
Anak yang mengalami kehilangan seluruh atau sebagain daya pendengarannya sehingga kurang mampu berkomunikasi secara verbal.

5. Tunagrahita atau down syndrome
Anak yang mengalami hambatan keterbelakangan perkembangan (IQ di bawah 70) sehingga mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas akademik, komunikasi maupun sosial. Ciri-ciri pada downsyndrome tinggi badan yang umumnya relatif pendek, hidung yang datar, kepala mengecil, dan dikenal dengan mongolisme.

6. Autisme
Anak yang mengalami gangguan pada sistem syaraf yang mengakibatkan dalam interaksi sosial. Komunikasi dan prilaku. (amd/ast)