PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

8 Tips Manajemen Keuangan untuk Anak Kos


Rosasiva  |  Finansial  |  21 February 2022  |   2875 Pengunjung

8 Tips Manajemen Keuangan untuk Anak Kos

Finansial  |  21 February 2022 8 Tips Manajemen Keuangan untuk Anak Kos

Jadi Anak Kos? Berikut Ada 8 Tips Manajemen Keuangan Yang Perlu Diperhatikan.

Menjadi anak kos berarti kita harus belajar hidup mandiri. Jauh dari orang tua dan keluarga. Mungkin pertama kali kita menjadi anak kos akan mengalami beberapa kesulitan karena kita tidak terbiasa hidup sendiri. Namun ketika kita menjadi anak kos, kita juga harus mulai memikirkan beberapa hal, seperti mulai belajar keuangan. Salah satu masalah yang sering dialami oleh anak-anak kos adalah mereka tidak tahu bagaimana mengatur keuangan mereka, sehingga mereka biasanya kehabisan uang di akhir bulan. Anda anak kos? Berikut adalah 8 tips manajemen keuangan yang perlu diingat!

1. Membuat anggaran keuangan

Saat Anda menjadi anak kos, hal pertama yang perlu diingat adalah Anda perlu menetapkan anggaran keuangan. Jika Anda baru saja menerima uang dari orang tua atau baru saja menerima gaji, sebaiknya rencanakan keuangan Anda dengan matang. Buat anggaran keuangan untuk bulan tersebut. Juga, catat pengeluaran harian Anda. Dimulai dengan  uang untuk membeli makanan, transportasi, dan sewa, dan diakhiri dengan uang untuk membeli kuota. Setelah Anda menghitung semuanya, sesuaikan anggaran Anda agar sesuai dengan keuangan Anda. Juga, meskipun mengalokasikan dana untuk hiburan diperbolehkan, jangan biarkan alokasi dana  melebihi kebutuhan Anda. membuat anggaran membantu Anda tetap lebih teratur dengan keuangan Anda.

2. Memasak dan Membawa Bekal Sendiri

Secara umum, makanan yang sering membuat anak kos menjadi boros. Yang membuat kami mewah adalah kami suka makan di luar dan memiliki kebiasaan nongkrong, tetapi di awal bulan, kami mendapat telepon dari orang tua kami dan makan di sana-sini. Tidak sampai akhir bulan saya kehabisan uang, jadi saya hanya bisa makan mie ramen. Nah, semua orang pasti  pernah merasakannya kan? Untuk mengatur keuangan Anda, saya sarankan Anda memasak sendiri mulai sekarang, karena lebih hemat daripada membeli makanan di jalan. Lebih hemat dan sehat membawa bekal makan siang saat bepergian.

3. Perhatikan kebutuhanmu, bukan keinginan

Biasanya kita menyia-nyiakan apa yang sebenarnya tidak kita butuhkan, tapi seringkali itu menjadi keinginan. Inilah mengapa sulit mengatur keuangan anak kos. Mulai sekarang, lebih perhatikan kebutuhan dasar Anda daripada keinginan Anda. Anda harus hidup lebih mandiri, jadi belilah lebih sedikit barang yang tidak Anda butuhkan sebanyak mungkin. Anda hanya dapat membeli apa yang Anda inginkan ketika Anda merasa bahwa semua kebutuhan Anda telah terpenuhi. Tapi jangan  menghabiskan uang Anda hanya untuk memuaskan keinginan Anda. Tepat sekali. Anda tetap perlu memberikan batasan dalam mengonsumsi keinginan Anda.

4. Mengisi waktu luang untuk menambah pendapatan

Jika setelah menghitung keuangan Anda ternyata kebutuhan Anda lebih besar dari pendapatan Anda, maka tentunya Anda membutuhkan penghasilan lebih, bukan? Tidak ada salahnya memanfaatkan waktu luang untuk menambah penghasilan, selain bisa mengandalkan sumber daya dan gaji orang tua. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan seperti memulai bisnis online kecil-kecilan atau menjadi freelancer.

5. Manfaatkan fasilitas umum

Utilitas yang ada juga harus dimanfaatkan untuk menghemat uang. Pada umumnya anak kost sering menggunakan uangnya untuk membeli pulsa atau kuota paket internet. Sekarang, jika Anda ingin menghemat lebih banyak uang, Anda dapat menggunakan Wi-Fi untuk mengatasi masalah ini jika Anda dapat menemukan Wi-Fi gratis. Ini akan menghemat lebih banyak uang. Masih banyak fasilitas umum lainnya yang bisa Anda manfaatkan.

6. Belajar Menabung

Mulailah belajar cara menabung. Salah satu tantangan umum yang dihadapi anak kos adalah ketidakmampuan untuk menyimpan uang karena mereka mungkin membutuhkannya setiap saat. Jika Anda kesulitan menabung, ada baiknya Anda memutuskan apa tujuan menabung Anda. Menemukan tujuan tabungan membuat menabung menjadi mudah. Berkomitmen untuk mengembangkan kebiasaan menabung yang baik. Anda mungkin juga ingin menyimpan sisa uang Anda. Ini bisa membuat banyak uang untuk dikumpulkan, yang juga membantu keuangan.

7. Sediakan uang pas di dompet

Saya sering berpikir bahwa memiliki banyak uang tunai di dompet saya membuatnya lebih mudah untuk dibelanjakan. Jika selama ini sudah seperti ini, ada baiknya untuk menarik uang dari ATM secukupnya dan memasukkannya ke dompet Anda untuk pengelolaan uang yang lebih baik. Menyediakan jumlah yang tepat di dompet Anda dapat membantu Anda menjadi anak kos yang lebih hemat.

8. Belanja bulanan sekaligus

Yang sering membuat kita  boros adalah pembelian kebutuhan. Sebaiknya belanja sebulan sekali agar lebih hemat. Saya suka mencicil setiap bulan untuk membeli barang yang saya butuhkan, jadi saya sarankan untuk segera melakukan belanja bulanan agar tidak membuang-buang uang. Menghabiskan langsung pengeluaran bulanan Anda akan membantu Anda mengelola keuangan Anda dengan baik.

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service