PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

6 Langkah Siapkan Tabungan Hari Tua


Finansial  |  08 February 2022  |   1134 Pengunjung

6 Langkah Siapkan Tabungan Hari Tua

Finansial  |  08 February 2022 6 Langkah Siapkan Tabungan Hari Tua

6 Langkah Siapkan Tabungan Hari Tua

Tidak ada seorang pun yang menginginkan masa tua dengan kondisi kesehatan yang semakin menurun, namun masih harus menghadapi masalah finansial. Menyiapkan kebutuhan untuk masa pensiun memang bukanlah hal mudah. Hal ini bukanlah persoalan yang harus segera diselesaikan karena tidak terlepas dari anggapan bahwa masa pensiun masih jauh. Pandangan ini sedikit salah.

Sekarang adalah waktu terbaik untuk mempersiapkan masa pensiun. Semakin lama Anda menabung, semakin kecil kemungkinan Anda memiliki masa pensiun yang aman. Jadi, jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana sekarang, Anda harus bertindak sekarang sesuai dengan enam rekomendasi berikut:

1. Sadari posisi Anda saat ini

Waktu terbaik untuk mulai menabung atau dana pensiun untuk manula adalah ketika mereka masih muda atau memiliki penghasilan sendiri. Walaupun saat ini kami masih tergolong pemula dalam berkarir, sebaiknya Anda segera mulai mempersiapkan dana pensiun Anda. Kemudian dihitung mundur sampai usia pensiun. Saatnya mempersiapkan hari tua. Undang-Undang Nomor tentang Sistem Jaminan Sosial Negara. Di bawah 40/2004, usia pensiun awal adalah 56 tahun. Namun, sejak Januari 2019,  usia pensiun meningkat satu tahun menjadi 57 tahun. Batas usia pensiun meningkat satu tahun setiap tiga tahun hingga mencapai usia 65 tahun. Kebijakan perpanjangan usia pensiun ini sejalan dengan peningkatan usia harapan hidup di Indonesia menjadi 70 tahun untuk pria dan 72 tahun untuk wanita.

2. Siapkan rencana keuangan yang jelas.

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan rencana keuangan yang menyeluruh untuk dana pensiun Anda. Saat Anda mempersiapkan rencana pensiun Anda, Anda perlu memutuskan:

Pertama, pada usia berapa Anda berencana untuk pensiun, atau Anda tidak lagi memiliki penghasilan tetap? Kedua, tentukan harapan hidup Anda. Ketiga, menentukan perkiraan permintaan dana yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Terakhir, Anda perlu tahu kapan harus menyiapkan dana. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

3. Pilih kendaraan investasi yang tepat

Setelah Anda mengetahui biaya uang yang Anda perlukan untuk membiayai masa pensiun Anda, inilah saatnya untuk memutuskan strategi investasi yang tepat. Tabungan baru untuk hari tua akan digunakan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, strategi investasi penghimpunan dana pensiun yang tepat juga merupakan investasi jangka panjang. Investasi yang cocok untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang termasuk saham, reksa dana ekuitas, dan reksa dana campuran. Jangan menggunakan instrumen investasi jangka pendek untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti deposito berjangka atau deposito berjangka. Memilih kendaraan investasi yang salah berisiko menghambat pencapaian tujuan keuangan Anda.

4.  Asuransi Terpercaya

Di usia tua, kondisi kesehatan sering menghadapi masalah yang lebih serius daripada di masa muda. Akan lebih baik jika saya memiliki asuransi sejak awal. Yakni, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Mengapa kita perlu melindungi dari sekarang? Premi asuransi semakin mahal seiring bertambahnya usia. Membeli asuransi saat Anda masih dalam kondisi baik memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk memilih asuransi yang tepat untuk Anda berdasarkan situasi keuangan Anda saat ini. Ada banyak cerita orang yang mendekati usia pensiun, bahkan jika mereka membeli asuransi, karena preminya sudah terlalu mahal untuk mendapatkan asuransi yang layak.

5. Menjaga kesehatan keuangan

Berinvestasi secara teratur dan mengumpulkan tabungan hingga hari tua membutuhkan upaya jangka panjang. Agar dapat terus berinvestasi sesuai dengan rencana yang disiapkan, harus tetap dalam posisi keuangan setiap saat.

6. Tingkatkan target pendapatan Anda

Menciptakan tabungan hari tua untuk masa pensiun membutuhkan alokasi anggaran yang tepat untuk investasi. Tentu saja, usia kerja membutuhkan persiapan, begitu juga dengan dana pensiun. Siapkan rencana keuangan dana pendidikan anak, dana liburan, dana pembelian rumah pertama dan kedua, dan lain sebagainya. Supaya pendapatan Anda memadai untuk ditabungkan ke semua pos rencana keuangan tersebut, jangan segansegan untuk mencari pendapatan tambahan.

Di era digital dan media sosial seperti saat ini, pendapatan tambahan dapat mudah didapatkan dengan menjual apa yang menjadi keahlian Anda. Seperti misalnya, Anda menguasai digital marketing, coba saja menjual jasa tersebut secara paruh waktu atau freelance. Demikian juga, jika Anda bersemangat tentang penata rias, Anda dapat bekerja di akhir pekan untuk mendapatkan penghasilan yang layak. Pendekatan kreatif dan proaktif untuk meningkatkan penghasilan Anda dapat membantu Anda membangun tabungan pensiun Anda lebih cepat.

Di atas adalah 6 langkah sederhana untuk menciptakan tabungan pensiun dan manfaatnya. Kehidupan pensiun yang nyaman dan sejahtera dengan rencana dan strategi yang jelas bukan lagi mimpi. Ayo, bersiaplah!