PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar


Finansial  |  07 March 2022  |   1632 Pengunjung

Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar

Finansial  |  07 March 2022 Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar

Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar

Status pelajar masih tanggungan orang tua. Meskipun pada kenyataannya banyak siswa yang memiliki penghasilan sendiri. Namun, sebagian besar dari mereka masih menerima uang saku dari orang tua mereka. Hanya saja keinginan untuk membelanjakan uang untuk apa saja seringkali tidak terkendali.

Agar uang jajan tidak habis untuk keperluan yang tidak penting, maka perlu untuk dapat mengelola uang jajan dengan baik. Berikut delapan tips yang bisa Anda coba agar Uang Saku lebih bermanfaat, terutama bagi yang baru belajar.

Membuat daftar belanja

Daftar belanjaan adalah hal terpenting yang harus dimiliki seorang pelajar. Meski orang tuamu memberimu uang jajan sebagai hadiah, bukan berarti kamu bisa menghabiskannya begitu saja. Terkadang, ketika Anda putus dengan orang tua Anda, Anda membutuhkan keterampilan manajemen keuangan.

Membuat daftar belanja akan membuat pengeluaran Anda tepat sasaran. Jadi ini bukan hanya tentang menghabiskan uang. Cari tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk makanan, transportasi, dan kebutuhan lainnya. Dengan cara ini, uang jajan Anda bisa semakin berkurang untuk menghemat uang.

Biasakan Menabung

Cara menabung uang saku selanjutnya adalah dengan membiasakan menabung. Jika Anda belum mulai menabung, tidak ada kata terlambat untuk memulai. Usahakan menabung dalam jumlah kecil pada awalnya, lama kelamaan jumlah uang yang Anda simpan akan bertambah dengan sendirinya.

Jika Anda menggunakan kotak tabungan sebagai cara untuk menyimpan uang, Anda harus memilih kotak tabungan yang sulit dibobol. Pasalnya, sebagian orang ingin memisahkan dompet sebelum waktu yang dibutuhkan untuk sesuatu. Sebaliknya, jika Anda menyimpannya di bank, Anda harus memilih bentuk tabungan yang tidak memerlukan biaya administrasi yang besar.

Sarapan sebelum sekolah

Banyak siswa yang tidak menyadari kebiasaan ini. Padahal manfaat sarapan tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk jumlah biayanya. Bersamaan dengan sarapan, ini berarti Anda bisa mengurangi porsi makan di sekolah.

Tidak perlu makan nasi untuk sarapan, bisa diganti dengan roti atau buah. Setidaknya makanan jenis ini bisa menyumbat perut hingga makan siang. Lagi pula, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat di pagi hari juga tidak baik.

Tidak Perlu Malu Membawa Bekal

Sebagian besar pelajar di Indonesia masih melihat persediaan sebagai barang yang dibawa oleh orang yang hemat. Sayangnya, anggapan ini sepenuhnya salah. Seperti halnya sarapan sebelum sekolah, membawa bekal juga memiliki banyak manfaat.

Pertama, kesehatan makanan yang Anda makan sudah pasti terjamin karena buatan sendiri. Kedua, Anda bisa lebih menghemat uang jajan karena tidak perlu lagi makan di kantin. Jadi uang makan sekolah dapat disimpan dengan aman di saku Anda.

Selalu Sediakan Air Minum di dalam Tas

Air minum adalah kebutuhan manusia yang penting. Membawa air minum ke mana pun Anda pergi menghemat uang saku. Misalnya, ketika Anda haus, Anda tidak perlu lagi membeli air di tempat lain. Begitu juga saat makan malam, Anda bisa berhemat dengan membeli air bersih.

Selektif Dalam Membeli Barang

Masalah utama seorang pelajar, khususnya wanita, dalam membelanjakan uangnya adalah keinginan untuk membeli sesuatu. Apalagi jika Anda tergiur dengan promosi atau diskon. Keinginan untuk memiliki pasti akan meningkat. Anda juga perlu memahami metode pasar untuk menarik pelanggan.

Karena itu, berhati-hatilah saat membeli barang. Jangan sampai mereka membeli dari Anda hanya karena tertarik dengan promosi dan diskon yang Anda tawarkan. Sesuatu yang dibeli atas dasar keinginan sederhana biasanya berakhir dengan penyesalan.

Memanfaatkan kreativitas

Seperti disebutkan, ada banyak siswa yang bisa menghasilkan uang di usia yang relatif muda. Jadi jika orang lain bisa melakukannya, kemungkinan Anda juga bisa. Tidak perlu mencari pekerjaan yang sulit bagi Anda sebagai mahasiswa.

Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan menggunakan kreativitas dan hobi. Misalnya, jika Anda menyukai dunia printer, cobalah mengirimkan karya Anda ke media cetak atau online dari waktu ke waktu dan aktif berpartisipasi dalam kompetisi. Selain menargetkan minat dan meningkatkan keterampilan Anda, Anda juga bisa mendapatkan uang dari kegiatan ini.

Bertemanlah dengan Teman yang Memiliki Visi dan Misi yang Sama

Ada pepatah yang mengatakan bahwa jika Anda berteman dengan seorang pembuat parfum, Anda akan mewarnai diri Anda dengan aroma itu. Hal ini kurang lebih benar, terutama bagi Anda yang mudah mengikuti arus. Di lingkungan sekolah, teman adalah pengaruh besar dalam hidup Anda, bahkan dalam hal menabung.

Memilih teman yang memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menghemat uang jajan. Cara ini akan mencari teman yang masih ingin menyimpan uang di saku Anda. Ketika Anda berteman dengan orang-orang yang memiliki pendekatan belanja yang boros, Anda menjadi lebih boros.