PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Asuransi Mobil Rental Yang Memberi Jaminan Kendaraan


Otomotif  |  15 March 2023  |   7786 Pengunjung

Asuransi Mobil Rental Yang Memberi Jaminan Kendaraan

Otomotif  |  15 March 2023 Asuransi Mobil Rental Yang Memberi Jaminan Kendaraan

Usaha sewa mobil di 2023 menguntungkan dan menarik, sebab masih banyak masyarakat yang membutuhkan. Akan tetapi, usaha sewa mobil di Maret 2023 ini masih cukup berisiko. Usaha rental mobil mempunyai kemungkinan adanya unit rusak atau yang paling horor hilang sewaktu dipakai oleh penyewa. Oleh karena itu, asuransi mobil rental menjadi hal yang mesti ada sebagai persiapannya.

Kini menjadi pertanyaan, memang ada perusahaan asuransi yang mau menanggung risiko kerusakan serta kehilangan dari mobil rental yang dipakai orang lain bukan pemiliknya? Sahabat ASURANSIKU.id, simak yuk ulasan dari tim asuransi mobil ASURANSIKU.id perihal asuransi mobil buat rental.

Alasan Penting Asuransi Mobil Rental Harus Dimiliki

Sekilas beli asuransi kehilangan mobil rental menjadi opsi sekian untuk pemilik mobil, sebab mesti menyediakan modal lebih demi pembayaran preminya. Berikut ini daftar alasan pentingnya asuransi mobil rental.

1. Tak dapat mengontrol penyewa sewaktu unit kendaraan roda empat sedang di rental
Menjalani usaha mobil sewaan, kamu akan memberi pinjaman asetmu pada ragam orang yang berbeda-beda. Nah, bila terjadi maka kamu tak akan tahu seperti apa karakter orang-orang tersebut, lalu apa ia disiplin ketika mengendarai mobil rentalan milikmu. Oleh karenanya, kamu pun tak bisa memprediksi kondisi mobil sewaktu dikembalikan nantinya. 

2. Terdapat risiko kecerobohan lain di luar pengendara serta penyewa
Meski telah menyeleksi penyewa sangat detail, namun risiko kecelakaan mesti tetap saja ada akibat kecerobohan yang lain. Ini tentu dapat merusak mobil rentalmu. Selain itu, ada juga bencana alam yang tak terhindarkan.

3. Premi asuransi mobil rental lebih besar akibat risiko kerugian
Di Indonesia, premi tahunan asuransi mobil kurang dari 5 persen dari harga mobil waktu belinya kok! Maka ketimbang keluar besar buat benerin di bengkel mobil, atau malahan beli mobil pengganti, ada baiknya sisihkan sedikit Rupiah buat bayar premi. Nah untuk mobil rental dengan segala risiko besarnya tentu lebih mahal bayar preminya.

4. Risiko Pencurian Mobil di Indonesia
Jumlah pencurian kendaraan bermotor berdasar data BPS tahun 2019 mencapai 30.231 kasus di  Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mayoritas terjadi di Jawa Barat dan Sumatera Utara. Angka ini memberi gambaran kasus pencurian tanpa pemaksaan. Artinya, pelaku beraksi diam-diam. Karena kejadian ini sebenarnya sangat rawan bagi pebisnis yang menggeluti usaha mobil rental.

Bukan karena niat si pelaku saja, namun bisa juga akibat kelalaian pihak penyewa. Penyewa merasa yang mereka kendarai bukan punya nya sendiri, jadi sering kali tak begitu disiplin ketika menggunkannya. Bisa jadi mereka lupa untuk mengunci kendaraan atau parkirkan di sembarang tempat yang berakibat mobil hilang.
Bukan saja kehilangan mobil, potensi kecelakaan di jalan di Indonesia juga cukup tinggi. Data Polri menyebut kecelakaan lalu lintas mengalami peningkatan sebesar 3 persen pada tahun 2022.

Asuransi Mobil Rental dari ASURANSIKU.id untuk Risiko Kecelakaan dan Pencurian
Sebenarnya kasus ini ada peraturannya dalam Pasal 1564 KUH Perdata. Pasal ini menyatakan bahwa penyewa wajib bertanggung jawab bila menimbulkan kerusakan serta kehilangan mobil sewaan. terkecuali terjadinya ini di luar kesalahannya. 
Namun, bagaimana bila ternyata kerusakan serta kehilangan terbukti bukan kesalahan penyewa? Terpaksa sebagai penyedia rental kamu mesti menanggung biaya reparasi mobil yang tentunya pasti banyak.

Pelindungan pada kocek atau finansial dari asuransi penting dimiliki supaya kamu tak terbebani dengan pengeluaran yang mendadak hingga akhirnya menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi yang banyak ragam dapat disesuaikan kebutuhan keuangan pebisnis usaha rental mobil. Misal asuransi kesehatan untuk pegawai rental mobil, asuransi mobil untuk unit kendaraan roda empat yang disewakan, asuransi motor sebagai pelindung jaminan kendaraan roda dua yang direntalkan, hingga yang lainnya. Agar mendapat referensi produk asuransi yang paling lengkap dan terpercaya, cari tahu semuanya di ASURANSIKU.id.(ast/rsv)