PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Arah Roda Berubah? Bisa Jadi Kaki-Kaki Mobil Rusak


Otomotif  |  27 July 2023  |   894 Pengunjung

Arah Roda Berubah? Bisa Jadi Kaki-Kaki Mobil Rusak

Otomotif  |  27 July 2023 Arah Roda Berubah? Bisa Jadi Kaki-Kaki Mobil Rusak

Kaki-kaki mobil merupakan spare part paling rentan rusak bagi kendaraan roda empat. Bagian ini memiliki fungsi sebagai penstabil serta pengendali kendaraan roda empat, sehingga pergerakan kendaraan bisa dijalankan atau tidak berdasar pada komponen ini. Oleh sebab itu, Sahabat ASURANSIKU.id wajib memahami cara kaki-kaki mobil rusak atau tidak. Karena gangguan pada kaki-kaki mobil dapat menimbulkan kerusakan komponen kendaraan roda empat yang lainnya. Lantas, bagaimana cara kita tahu Kaki-kaki mobil sudah rusak?

Kerusakan pertama yang paling terasa langsung dampaknya tentunya arah roda yang berubah. Hal ini bisa menjadi penyebab setir sulit terasa dikendalikan. Mobil bisa bergerak ke kiri serta ke kanan lalu tak sedikit pada beberap mobil diikuti gejala melayang. Selain Arah roda yang berubah atau bergeser, berikut beberapa ciri kaki-kaki mobil sudah rusak

Timbul Bunyi
Ciri lain kaki-kaki mobil yang tak berfungsi baik tentunya ada timbul suara berisik. Bunyi dari suara ini pun beragam, ada yang ‘gluduk-gluduk’ lalu ada juga yang terdengar seperti ‘kletek-kletek’.

Bunyi-bunyian ini dapat terdengar sewaktu mobil berjalan melewati polisi tidur atau area berlubang. Bila terdengar bunyi, Sahabat ASURANSIKU.id mau tak mau mesti melakukan pemeriksaan serta penggantian komponen kaki-kaki.

Timbulnya bunyi menjadikan berkendara terasa kurang nyaman. Sebab, suspensi mesti terasa sangat keras kettimbang biasanya serta handling pasti sulit untuk dikendalikan.

Setir Bergetar
Ciri lain bisa juga menyebabkan setir terasa lebih bergetar dari biasanya. Getaran ini kerusakan akibat dari engine mounting sewaktu mobil melewati jalan rusak.
Bila merasakan gejala seperti ini, ada baiknya Sahabat ASURANSIKU.id melakukan pengecekan langsung. Sebab bila menunda-nunda kerusakan biasanya merembet ke bagian lain, tentu saja kerusakan akan jadi lebih banyak.

Ban Botak Sebelah
Kontur tapak ban biasanya habis hanya pada satu sisi saja, antara sisi terluar atau yang bagian dalam. Hal seperti ini tentu tak bisa didiamkan saja, sebab ban lama-lama habis. Efeknya permukaan tapak ban menjadi tak rata. Jelas ini berbahaya bagi pemilik mobil, apalagi sewaktu berkendara ketika hujan, ban jadi licin. 
Bila dipaksakan, kinerja ban tentu tidak akan maksimal. Mau tidak mau Sahabat ASURANSIKU.id mesti mengganti ban yang sudah botak tersebut.

Komponen Kaki-kaki yang Biasa Rusak
Beberapa gejala di atas biasanya disebabkan kerusakan spare part kaki-kaki mobil seperti yang ada di bawah ini.
- Link stabilizer
- Bearing roda
- Sokbreker
- Sway bar
- Boot as roda
- Tie rod
- Long tie rod
- Ball joint
- Bushing 
- Lower arm 
- Rack steering
- CV joint
Beberapa komponen di atas umumnya merupakan yang terdapat pada kaki-kaki mobil. Komponen kaki-kaki bila rusak tentu dapat diganti secara parsial. Namun, bila memiliki dana berlebih, ada baiknya bila diganti seluruhnya. Ini membuat lebih awet serta kenyamanan berkendara juga jadi makin baik ketimbang sebelumnya.                                              
Daripada menguras dompet serta tabungan, ASURANSIKU.id menyarankan agar lebih baik menjaga komponen kaki-kaki tersebut supaya tak cepat mengalami kerusakan. Sertakan juga dengan asuransi mobil yang memberi jaminan pergantian komponen kaki-kaki orisinal pabrikannya. Selain itu kondisi kaki-kaki yang baik berpengaruh juga bagi keselamatan di jalan ketika berkendara.