PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Apa Itu Asuransi Jiwa? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Yang Harus Kamu Ketahui!


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  20 January 2022  |   1075 Pengunjung

Apa Itu Asuransi Jiwa? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Yang Harus Kamu Ketahui!

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  20 January 2022 Apa Itu Asuransi Jiwa? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Yang Harus Kamu Ketahui!

Apa itu asuransi jiwa? Inilah kelebihan dan kekurangan yang harus kamu ketahui!

Banyak dari kita sudah bertanya-tanya mengapa investasi yang cukup, gaji yang layak, dan distribusi dana yang memadai untuk pendidikan anak-anak kita sudah cukup untuk memastikan bahwa permintaan tersier sudah menjadi milik kehidupan. Apakah Anda pikir situasi keuangan kita aman tanpa harus mempunyai asuransi jiwa?

Apa itu asuransi jiwa? masih menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), asuransi jiwa adalah program perlindungan berupa risiko ekonomi terhadap meninggalnya atau jiwa tertanggung.

 Asuransi jiwa berbentuk kontrak perlindungan tertulis atau disebut polis. Polis asuransi berisi kontrak antara perusahaan asuransi dan pemegang polis. Setelah, anggota terdaftar diwajibkan untuk membayar premi asuransi secara berkala, seperti bulanan atau tahunan, sesuai dengan peraturan.

Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan untuk menutupi biaya hidup seseorang sehubungan dengan risiko kematian yang tidak terduga atau cacat tetap total. Tertanggung yang meninggal dunia atau menderita cacat total menerima pembayaran tunai dari perusahaan asuransi jiwa.

Menurut keterangan resmi, pemegang polis asuransi jiwa berhak atas manfaat asuransi jiwa selama mereka membayar premi bulanan atau tahunan sesuai dengan kontrak atau kesepakatan antara tertanggung dan perusahaan asuransi.

Jika pemegang polis meninggal dunia dalam perjalanan karena alasan apapun yang ditentukan dalam polis, perusahaan asuransi jiwa membayar ahli waris kepada tanggungan. Semakin tinggi premi, semakin besar uang jaminan yang dapat dibayarkan oleh perusahaan asuransi jiwa. Dan apa saja kah kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa? Mari kita simak kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa yang akan saya jelaskan sekarang!

 Asuransi Jiwa Darurat

 Asuransi Jiwa Darurat adalah asuransi yang memberikan jaminan finansial kepada penerima manfaat hak atas pendidikan setingkat perguruan tinggi dan taraf hidup yang sama sehingga keluarga yang tersisa dapat hidup tanpa kekhawatiran bahkan jika tertanggung meninggal dunia dan sesuai kondisi keuangan mereka.

Selain itu, keuntungan dari asuransi jiwa adalah dapat mengurangi kerugian finansial yang besar tanpa adanya nilai pertanggungan, apalagi jika tertanggung merupakan tulang punggung keluarga yang sangat terjamin secara finansial.

Asuransi jiwa darurat juga dapat memberikan pertanggungan dalam keadaan darurat agar ahli waris dapat melunasi hutang-hutang yang gagal dipenuhi oleh tertanggung. Premi asuransi jiwa kini lebih murah dan pembayaran dapat dilakukan secara fleksibel sesuai kemampuan tertanggung sesuai polis yang disepakati dengan pihak penanggung. Tertanggung dapat memilih jenis polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi jika Anda memilih asuransi jiwa dan ingin mendapatkan dua manfaat yaitu proteksi, investasi dan tabungan sekaligus.

 

 

 Absennya Asuransi Jiwa

 Absennya asuransi jiwa tradisional dianggap tidak menguntungkan karena tidak ada nilai investasi yang dapat diperoleh dari premi yang dibayarkan kepada tertanggung selama suatu periode waktu. Selain itu, kerugian dari asuransi jiwa adalah nilai pertanggungan tidak masuk ke tangan tertanggung karena dianggap manfaat hanya untuk ahli waris sebagai keluarga penerima manfaat asuransi jiwa. Dalam hal tertanggung meninggal dunia, klaim hanya dapat dilakukan sekali seumur hidup. Dengan tidak adanya klaim sehubungan dengan nilai tunai pengembalian, nilai tersebut dianggap kurang dari tabungannya sendiri dengan premi dalam jumlah yang sama.

 Nah, demikianlah uraian tentang asuransi jiwa, yaitu asuransi yang melindungi orang-orang yang ditinggalkan oleh tertanggung, terutama jika mereka telah memiliki anggota keluarga atau tanggungan finansial. Dan demikian pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa.