PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

5 Tips Memulai Bisnis Kos-Kosan yang Menguntungkan


Bisnis  |  22 February 2022  |   1644 Pengunjung

5 Tips Memulai Bisnis Kos-Kosan yang Menguntungkan

Bisnis  |  22 February 2022 5 Tips Memulai Bisnis Kos-Kosan yang Menguntungkan

5 Tips Memulai Bisnis kos-kosan yang Menguntungkan

Bisnis rumah kost merupakan bisnis yang menarik dan dapat diinvestasikan dalam jangka waktu yang lama. Selain jual beli rumah, kos-kosan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti. Kos-kosan adalah salah satu bisnis yang bisa dibilang menguntungkan. Sekalipun terlihat menarik dan menghasilkan keuntungan yang signifikan, Anda perlu menjalankan bisnis ini dengan baik dan merencanakan strategi Anda dengan matang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis rumah kos.

1. Pilih Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis koskosan adalah memilih lokasi strategis. Cobalah memulai dengan melakukan survei lokasi, carilah lokasi yang mudah ditempuh, memiliki jarak yang dekat dari kampus atau perkantoran, akses mudah, dan sebagainya. Jika target Anda adalah mahasiswa, carilah lokasi yang dekat dengan kampus, atau cari lokasi yang dekat dari perkantoran jika target Anda adalah pekerja. Carilah juga lokasi yang memudahkan target Anda mencari tempat makan, supermarket, rumah sakit, dan dekat dengan jalan raya.

2. Sediakan Tempat Bersih & Nyaman

Setelah menemukan lokasi yang strategis, hal kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat koskosan yang memberikan jaminan atas kebersihan, keamanan, dan juga kenyamanan penghuni kos. Dengan begitu, mereka akan lebih betah di koskosan dan menjadi penghuni kos yang loyal. Berikan juga sirkulasi udara yang baik agar udara selalu segar dan sediakan pihak keamanan yang menjaga kos-kosan. Selain itu, Anda juga harus mengetahui siapa calon penghuni kos-kosan Anda dan membuat aturan yang bisa menjadikan kos lebih aman dan nyaman, misalnya pintu utama akan ditutup jam 22.00 atau tamu penghuni diwajibkan untuk melapor jika memang ingin menginap, dan sebagainya.

3. Berikan Harga Kompetitif

Harga adalah salah satu faktor penentu apakah calon penghuni memilih koskosan yang Anda miliki atau tidak. Agar kamar koskosan Anda penuh dan ramai, cobalah berikan harga sewa yang sesuai dengan target dan fasilitas yang dimiliki koskosan tersebut. Misalnya, lounge dengan AC harganya 1,5 juta rupee, tetapi tanpa AC harganya hanya 800.000 rupee. Sebelum memutuskan harga, Anda dapat membuat gambaran singkat tentang biaya kost berdasarkan lokasi. Jika pelanggan tertarik dengan penawaran, kami menyarankan Anda menggunakan perangkat lunak atau aplikasi penagihan yang memiliki fitur ini untuk mengirimkan faktur terjadwal. Dengan cara ini Anda tidak perlu menagih setiap tamu saat checkout.

4. Layanan tambahan yang disediakan

Selain fasilitas wisma, Anda juga harus melihat fasilitas lain seperti Wi-Fi gratis, binatu, dan dry cleaning. Ini akan membantu Anda memenangkan persaingan pasar. Tanpa fasilitas tambahan, akan sulit menarik calon penghuni kost. Plus, hampir setiap rumah kos saat ini menawarkan Wi-Fi gratis.

5. Lakukan Promosi

Jika semuanya berjalan dengan baik, hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengiklankan bisnis Anda. Mulailah dengan promosi media sosial atau publikasikan brosur di restoran yang biasanya sering dikunjungi oleh target pasar Anda. Mungkin juga menawarkan promosi atau diskon untuk starter rumah kos tertentu. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri dari kos-kosan tersebut.

Tetapi jika Anda memiliki banyak rumah kos, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik. Terima saran dan kritik penyewa karena mereka membantu Anda dan bisnis Anda untuk berkembang dan juga, atur pembukuan Anda untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Gunakan perangkat lunak akuntansi keuangan untuk usaha kecil untuk mencatat semua kas masuk dan keluar dan pengeluaran yang dikeluarkan saat kost ini buka.