PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

5 Langkah Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri


Umum  |  14 February 2022  |   596 Pengunjung

5 Langkah Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri

Umum  |  14 February 2022 5 Langkah Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri

5 Langkah Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri dengan apa adanya berarti bisa menerima diri dari segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, namun di sisi lain juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan dalam diri tanpa harus ditutupi. Sederhananya, mencintai diri sendiri harus sangat sepenuh hati dan tanpa syarat apapun. Mencintai diri sendiri setulus hati dapat membebaskan kita dari beban sosial yang ada pada umumnya.

Dengan mencintai diri sendiri, kita belajar bahwa untuk memahami diri dan terus selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki. Kita tidak dituntut untuk fokus pada masalah dan keinginan orang lain. Kita juga tidak akan disibukkan untuk membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain, sehingga akan punya lebih banyak waktu untuk mengurus diri sendiri menjadi lebih baik lagi. Ketika kita sudah merasa nyaman dengan diri sendiri, orang-orang di sekitar kita pun ikut merasakan hal yang sama. Mereka akan merasa nyaman berada di dekat kita, karena kita memancarkan energi positif dari dalam diri kita.

Menurut seorang psikolog dari PsychCentral, Stephanie Kang, mencintai diri sendiri adalah hal yang paling penting di muka bumi ini. Sederhananya, memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri akan membantu Anda membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain, sekaligus menjadi langkah awal menuju kesuksesan dalam hidup.

Anda tidak perlu menjadi hebat untuk belajar mencintai diri sendiri. Tapi sungguh, untuk memulainya, pertama-tama kita harus tahu siapa diri kita sebenarnya - sikap, sifat, kebutuhan, keinginan, kesukaan, dan ketidaksukaan kita. Apakah Anda siap untuk mulai mencintai diri sendiri? Coba ikuti lima langkah sederhana ini.

1. Baik untuk kebutuhan Anda sendiri 

Menurut Julie Hanks, LCSW, terapis di PsychCentral, langkah awal untuk mulai ramah diri adalah dengan memperhatikan kebutuhan fisik, mental, psikologis, dan spiritual kita. Misalnya, ketahuilah bahwa kita harus tidur 7-8 jam setiap malam, makan tiga kali sehari, berolahraga, meluangkan waktu untuk menghilangkan stres dan beribadah, berjalan-jalan di taman, makan makanan favorit kita. Berendam di air panas sambil menyalakan lilin wangi, atau menonton film favorit di waktu senggang, misalnya.

2. Bicaralah pada dirimu sendiri

Self-talk adalah cara sederhana untuk belajar mencintai diri sendiri. Dengan berbisik atau berbicara dengan teman di kamar tidur, kamar mandi, atau di depan cermin, kita mulai menjalin persahabatan dengan diri kita sendiri. Ketika kita berbicara satu sama lain, kita menempatkan diri kita pada posisi orang lain yang berbicara kepada kita. Isi percakapan ini akan memungkinkan kita untuk mengevaluasi diri kita secara lebih objektif, sehingga menjadi kontribusi yang bermanfaat. Berbicara kepada diri sendiri pada akhirnya dapat membantu Anda tetap fokus dan termotivasi untuk melakukan yang lebih baik.

3. Menerima diri sendiri

Membangun hubungan yang baik dengan diri sendiri bisa dimulai dengan menerima siapa diri Anda, termasuk kelemahan dan kelebihan Anda. Keyakinan lahir ketika kita memiliki visi yang baik tentang kepribadian kita.

 

4. Berteman dengan orang-orang yang positif

Salah satu cara untuk memiliki hubungan yang baik dan sehat dengan diri sendiri adalah dengan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mencintai Anda. Bergaul dengan orang-orang yang positif, peduli, dan penuh kasih sayang dapat menjadi anugerah. Kita bisa terbawa oleh suasana dan kebiasaan yang positif dimana hal tersebut bisa membuat diri kita menjadi lebih baik.

5. Kurangi mengonsumsi berita negatif

Rasa terlalu ingin mengetahui hal yang mendalam kadang menjerumuskan kita pada hal negatif, salah satunya yang populer sekarang ini bisa didapatkan lewat media sosial. Menurut Kang, mengasup beritaberita kebencian, kejahatan atau kekerasan bisa membuat kita terbebani, merasa takut dan akhirnya membuat diri sendiri tidak sehat pemikirannya.