PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link

Finansial  |  04 June 2021  |   124 Pengunjung

Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link

Finansial  |  04 June 2021 Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link

Unit Link adalah fitur dari beberapa produk asuransi, seperti asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, yang cukup populer di masyarakat adalah asuransi jiwa unit link, namun cukup menimbulkan perdebatan serta kontroversi.

Karena selain unit link cukup kompleks, di butuhkan pemahaman masyarakat mengenai manfaat dan resiko produk ini di karenakan memang sangat advanced, sehingga jika nasabah asuransi kurang memahami produk ini, tentu menyebabkan kekecewaaan di kemudian hari.

Beberapa contoh yang dapat di ambil adalah masalah yang menimpa seorang netizen yang curhat di akun twitternya mengenai penurunan nilai investasi asuransi jiwa unit linknya menurun, sementara orang ini sendiri membutuhkan uang besar untuk anaknya masuk kuliah.

Tak sampai disana, netizen ini malah dikejutkan surat dari perusahaan asuransi, bahwa ia harus melakukan top-up dana, agar asuransinya yang mencakup fasilitas kesehatan tidak terhenti, karena dengan melakukan penambahan biaya tersebut, produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan tetap meng-cover dirinya.

Jika ditelisik lebih dalam, dari kacamata agen atau pialang asuransi, pemahaman atas produk asuransi jiwa unit link dari nasabah ini tidaklah mendalam.

Berbanding terbalik saat kita hendak membeli handphone, biasanya kita meneliti fitur dan kecanggihan teknologi tersebut, sistem operasinya, kameranya, storagenya dan lain-lain, perbandingan harga dan merkpun kita sempat mencarinya melalui search engine di internet.

Sayangnya, ketika membeli produk asuransi yang memiliki jangka panjang hingga belasan tahun ke depan para calon nasabah tidak banyak mengenali dan mengetahui produk yang sedang di belinya ini.

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa adalah produk asuransi yang memberikan pertanggunan dan jaminan bagi pihak tertanggung ketika mengalami musibah, misalkan cacat permanen hingga kematian, sederhananya, manfaat yang diberikan oleh asuransi jiwa adalah memberi jaminan bagi tertanggung sepanjang hidupnya dengan pembayaran premi setiap bulannya.

Manfaatnya cukup banyak, salah satunya adalah perlindungan musibah, menjamin kelangsungan hidup keluarga tertanggung, jenis proteksi atas kebutuhan semisal penyakit kritis, dan kecatatan permanen.

Apa Yang Di Maksud Unit Link ?

Apakah unit link itu ? pengertian unit link adalah, produk asuransi jiwa yang memberikan fungsi perlindungan serta investasi, masih berkaitan dengan perencanaan keuangan, yakni investasi dan proteksi itu sendiri dari layanan asuransi jiwa.

Baca Juga : Perbedaan Asuransi dan Investasi

Investasi sendiri dalam hal ini seringnya digunakan karena adanya produk tabungan pensiun,tabungan pendidikan, karena dengan investasi dari produk ini, hasil bunganya rendah serta menghindari inflasi.

Perlindungan bagi tertanggung berfungsi agar menjamin kehidupannya ketika mengalami musibah, misal seorang ayah atau tulang punggung keluarga, dengan asuransi jiwa, jika mengalami hal yang tidak di inginkan, bisa mendapat santunan dari penyedia produk asuransi jiwa.

Dari sini sudah cukup di pahami, bagaimana asuransi unit link serta manfaatnya, yaitu untuk perlindungan dan investasi.

Manfaat

Pembayaran premi yang disetorkan dapat digunakan untuk investasi serta proteksi, jadi tidak perlu membayar satu per satu, tentunya tidak perlu repot-repot mencari instrumen investasi seperti reksadana, saham, forex dll.

Dalam hal lain, seperti asuransi dengan premi kecil, sangatlah berbeda dengan asuransi tradisional yang tidak menggabungkan dengan nilai investasi, dalam hal ini, unit link dengan nilai kecil dapat mencakup asuransi dan invesasi itu sendiri.

Resiko

Beberapa yang sering ditemui adalah, ketika total investasi dari nasabah mencapai (semisal) 100juta rupiah pada tahun ke-5, sementara di tahun ke-10, berdasar perjanjian awal dijelaskan, total investasi dapat dicarikan hingga 200%, dan apabila mengacu pada klausul polis, di tahun ke-5 pun sudah bisa lakukan pencairan dana sebesar nilai total investasi (100juta rupiah).

Perlu di ingat, bagaimanapun juga investasi yang di lakukan oleh pihak asuransi tentu memiliki resiko, jika investasi anda di unit link ada return, tentu anda bisa menikmati hasilnya.

Namun, jika nilai investasi turun, tentu investasi tidak bisa membiayai asuransi proteksi anda, tentu agar terus perlindungan resiko berjalan, nasabah diwajibkan top-up atau membayar dana tambahan premi, atau jika tidak membayar premi tambahan di tahun akhir asuransi anda,manfaat proteksi asuransi berhenti.

Sesederhana itu, investasi bisa mengalamu kerugian atau menjadi untung, kuncinya, pastikan anda yakin dimana anda berasuransi, dan berinvestasilah pada instrumen atau bisnis yang anda yakini akan terus menghasilkan untung.(Arm)