PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Pemanasan dan Pendinginan Sangat Perlu Dilakukan


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  07 April 2020  |   5635 Pengunjung

Pemanasan dan Pendinginan Sangat Perlu Dilakukan

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  07 April 2020 Pemanasan dan Pendinginan Sangat Perlu Dilakukan

Dalam berolahraga biasanya kita dianjurkan untuk melakukan yang namanya Pemanasan. Apa itu pemanasan?. Pemanasan merupakan gerakan-gerakan kecil yang dilakukan agar pada saat berolahraga otot tidak mudah cedera. Gerakan pemanasan yaitu aktivitas ringan yang biasanya berhubungan dengan jantung dan sistem peredaran darah serta peregangan. Pemanasan atau stretching ini tidak memerlukan waktu yang lama biasanya dilakukan 5-10 menit. Pemanasan ini dibutuhkan untuk membantu mempersiapkan tubuh sebelum melakukan aktivitas yang cenderung berat. Gerakan yang dilakukan pun cenderung perlahan, mudah, dan konsisten. Salah satu yang harus dilakukan saat pemanasan adalah peregangan otot, untuk membuat otot lebih elastis dan lentur dan tidak kaku.

Selain itu, pemanasan yang dilakukan sebelum berolahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh, aliran darah, dan denyut jantung. Nyatanya hal-hal tersebut dibutuhkan untuk mempersiapkan kinerja jantung dan pembuluh darah. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mengurangi risiko kram, cedera, dan pegal pada otot setelah melakukan olahraga. Bila pemanasan tidak dilakukan dengan benar akan mengakibatkan cedera otot dan sendi yang berkepanjangan. Pemanasan dapat dilakukan dengan beraktivitas secara perlahan dan santai selama beberapa saat lalu ditingkatkan kecepatan maupun intensitasnya secara bertahap atau perlahan. Ini disebut dengan pemanasan dinamik. Kita bisa saja akan berkeringat dalam melakukan pemanasan, namun melakukan pemanasan tidak akan membuat kita kelelahan.

Meski penting, perlu diingatkan untuk pemanasan secara berlebihan sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, pemanasan yang berlebihan malah bisa menyebabkan cedera pada bagian-bagian sendi. Selain itu, pemanasan yang berlebihan pun bisa menghabiskan energi dan membuat olahraga menjadi tidak efektif dan cepat letih. Pada intinya, janganlah melewatkan sesi pemanasan sebelum melakukan latihan atau berolahraga. Jika melewatkan atau bahkan menyepelekan pemanasan, berarti anda membiarkan tubuh anda sendiri untuk menjadi lebih mudah terkena cedera.

Gerakan pemanasan sebelum olahraga memang penting dilakukan, dan ada gerakan lainnya yang juga gak kalah penting untuk dilakukan, yaitu gerakan pendinginan setelah olahraga selesai dilakukan. Pendinginan ini dimaksudkan agar otot yang tadi digunakan untuk berolahraga agar tidak rusak. Pendinginan ini kurang lebih pemanasan perbedaanya hanya pada waktu melakukannya. Manfaat yang pertama jika melakukan pendinginan adalah

Membantu mengurangi kelelahan otot, Saat Anda berolahraga atau latihan, asam laktat terbentuk di otot Anda, biasanya asam laktat ini sering menyebabkan nyeri otot dan kelelahan. Dengan melakukan pendinginan, otot akan lebih siap jika akan terjadi penurunan suhu menuju aktivitas biasa dan nyerinya bisa pulih lebih cepat. Pendinginan yang dilakukan setelah berolahraga bisa membantu mengurangi kekakuan otot, terlebih untuk orang tua. Orang yang sudah tua biasanya memiliki otot dan persendian yang semakin kaku dan tidak fleksibel.

Mencegah Stres pada Tubuh dan Pikiran, Pendinginan yang dilakukan setelah olahraga ternyata tidak hanya untuk tubuh atau otot kita saja. Ternyata pendinginan yang dilakukan setelah berolahraga juga bermanfaat bagi pikiran kita. Ketika Anda sedang meregangkan otot-otot tubuh sambil mengatur napas setelah berolahraga, berarti Anda sedang menyatukan tubuh, perasaan dan pikiran menjadi satu. Lalu, setiap napas yang dikeluarkan saat melakukan pendinginan, tubuh berperan mengatasi rasa sakit dan nyeri yang ada di badan. Kesatuan antara pikiran dan tubuh ini dinyatakan penting untuk relaksasi dan menghilangkan stress. Selain itu, saraf yang ada di dalam otak dan didalam tubuh Anda juga akan terasa lebih tenang jika Anda rutin melakukan peregangan setiap hari. 

Betapa pentingnya melakukan pendinginan setelah olahraga, masih ada beberapa hal yang harus atau wajib diperhatikan. Sebelum melakukan olahraga, Anda juga wajib melakukan pemanasan atau gerakan-gerakan kecil, sama halnya juga dengan melakukan peregangan otot tubuh setelah selesai olahraga. Kedua hal ini harus dilakukan dengan seimbang, yaitu sebelum dan sesudah berolahraga. Lalu, pendinginan bisa dilakukan dengan cara yang lembut. Hindari dengan melakukan gerakan yang meloncat atau bergerak lebih cepat. Jangan lupa juga untuk menarik napas yang dalam guna mendapatkan sensasi di tubuh saat meregang. Disarankan untuk melakukan pendinginan 3-5 menit saja.