PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Pelajari risiko dalam asuransi dan pengelolaannya

Umum  |  01 June 2022  |   190 Pengunjung

Pelajari risiko dalam asuransi dan pengelolaannya

Umum  |  01 June 2022 Pelajari risiko dalam asuransi dan pengelolaannya

Risiko dalam dalam kaitannya dunia asuransi adalah suatu tindakan menyebabkan kerugian di masa mendatang yang sulit di prediksi, maksudnya adalah sesuatu yang berisiko yang bisa menyebabkan kerugian materi, fisik, mental yang terjadi secara cepat begitu saja.

Risiko ini bisa saja digambarkan sebagai kegagalan sebuah proyek, risiko terjadinya aksi penipuan, risiko kecelakaan berkendara hingga yang terjadi pada rumah tangga adalah risiko sakit atau kematian, maka, sebelum kamu putuskan beli asuransi, pastikan kamu tau informasi ini dulu.

  • Risiko dan solusinya 
  • Jenis dan pengertian risiko dalam asuransi
  • Contoh risiko
  • Apa saja risiko yang ditanggung asuransi ?
  • Risiko dari perusahaan asuransi

Risiko dan Solusinya
Risiko berarti sebuah akibat dari kejadian yang tidak di inginkan seperti halnya yang membahayakn maupun yang menyebabkan kerugian, atas satu tindakan, nah risiko dalam aktifitas manusia pada umumnya tentu terbagi menjadi dua hal, yaitu aktifitas personal dengan risiko nya seperti meninggal dunia, sakit, maupun kecelakaan.

Berbeda dengan aktivitas bisnis yang memiliki risiko kebangkrutan, kerusakan alat, kecelakaan pekerja, pencurian, kehilangan, maupun kerusakan properti dll. Hal diatas, tentu solusinya adalah 
berasuransi sebagai perlindungannya.

Jenis dan pengertian risiko dalam asuransi
Risiko Murni atau pure risk, adalah risiko yang dialami saat kerugian menimpa suatu individu maupun badan usaha, contoh seperti kejatuhan pesawat yang tidak terduga namun bisa menyebabkan kerugian fatal, seperti risiko kehilangan sumber daya manusia maupun aset bisnis.

Risiko khusus
Yaitu sebuah kerugian yang berdampak secara pribadi ataupun personal, contoh seperti aset yang rusak ataupun dicuri, artinya memberi kerugian hanya secara personal, yang bisa juga dikategorikan sebagai risiko yang mengancam kesehatan dan keselamatan, dalam klasifikasinya berdampak pada personal individu.

Risiko tanggung gugat
Atau biasa disebut dengan Liability Risk, yang berarti berisiko terjadinya tanggung jawab hukum pada orang lain atau pihak ketiga, saat berkendara misalnya, seringkali berisiko kecelakaan 
yang menyebabkan pihak lain, orang lain mengalami kerusakan ataupun risiko terluka, maka kamu wajib bertanggung jawab secara hukum pada pihak tersebut dan risiko inilah yang menjamin kamu.

Risiko fundamental
Adalah jenis risiko yang terjadi karena lingkungan atau alam sekitar, dimana risiko ini bisa berdampak luas, contoh bencana alam yang bisa saja merugikan masyarakat umum dimana kerugian yang mengakibatkan nyawa seseorang melayang ataupun risiko kerugian aset.

Contoh Risiko
Setelah kita memahami hal-hal diatas, maka terdapat contoh yang perlu kami informasikan yaitu risiko asuransi kesehatan, adalah obyek pertanggungan biaya kesehatan, maka asuransi kesehatan adalah solusi dari risiko murni atau pure risk, karena apabila nasabah sakit, terdapat biaya penggantian perawatan medis.

Sama halnya asuransi mobil, yang risiko kerugiannya adalah rusak ringan hingga rusak total ataupun risiko pencurian, asuransi mobil menawarkan beragam risiko termasuk untuk penanggulangan dan liability risk atau risiko tanggung gugat pihak ketiga yang bisa saja terjadi kapanpun.

Cara menghitung biaya pertanggungannya pun relatif mudah, terlebih saat kamu membeli asuransi mobil di broker asuransi terpercaya, sangat transparan karena diawasi oleh OJK, cara menghitung uang pertanggungannya adalah, harga beli kendaraan, dikalikan dengan penyusutan harga, sederhananya seperti itu.

Apa saja risiko yang ditanggung asuransi ?
Meski begitu banyak sekian risiko yang nyata, tentunya ada beberapa yang tidak ditanggung oleh asuransi, sama halnya saat kamu berbisnis, perusahaan asuransi juga menakar untung ruginya, dengan nilai cakupan dan risiko yang dijaminnya, kriteria yang masuk dalam cakupan asuransi adalah.

  • Obyek yang dipertanggungkan dalam risiko tersebut, seperti kendaraan bermotor, aset bisnis ataupun jiwa.
  • Obyek tertanggung tidak melanggar hukum, namun tetap terjadi kerugian.
  • Kerugian yang dialami bisa terkonversi dalam beberapa nominal.
  • Premi yang dibayar pemegang polis harus sesuai dengan risiko yang ditanggung dan disepakati dalam polis, tentunya ada batas pertanggungan yang bisa dicover.

Risiko dari perusahaan asuransi 
Risiko yang terjadi terhadap perusahaan asuransi tentu berbeda dari risiko yang bisa saja terjadi pada siapapun, sesuai penjelasan diatas, yang dimaksud dari risiko perusahaan asuransi adalah, Risiko perusahaan tersebut yang gagal membayar kewajiban pada tertanggung ataupun peserta, yang berakibat kesalahan proses pemilihan risiko (Underwriting), pembayaran premi tertanggung, hingga transfer resiko ke reasuransi hingga pengurusan klaim.

Untuk menghindari hal diatas, tentunya ada suatu perusahaan yang mengcover atau menerima risiko dari perusahaan asuransi, yang disebut dengan reasuransi.

Baca Juga : Apa Itu Reasuransi atau Re-Insurance ?

Dalam membeli asuransi tentunya dibutuhkan ke jelian dan ketelitian dari calon nasabah itu sendiri, begitu banyak perusahaan asuransi yang menjual produk dengan cakupan yang menarik, namun tidak semua asuransi yang bisa memberikan layanan terbaiknya, maka untuk mengurangi keraguan ini, anda perlu mempercayakan pada broker asuransi terpercaya, ASURANSIKU.id.(Armin)