PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Obat Keluarga


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  01 March 2022  |   1107 Pengunjung

Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Obat Keluarga

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  01 March 2022 Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Obat Keluarga

Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Obat Keluarga

Sudah sejak lama masyarakat Indonesia menggunakan berbagai macam tanaman yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Tanaman ini termasuk dalam kategori tidak mudah dibudidayakan. Obat herbal keluarga juga termasuk dalam sistem pengobatan tradisional yang menggunakan tanaman dari pekarangan sekitar rumah.

Jenis Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

TOGA juga dikenal sebagai apotek hidup karena hanya ditanam di sekitar rumah dan dapat menjadi sumber obat tradisional (jamu). Obat herbal ini dapat digunakan untuk profilaksis atau pengobatan sendiri sebagai bagian dari pertolongan pertama.

Berikut ini beberapa contoh tanaman obat keluarga dan manfaatnya untuk kesehatan

Kunyit

(Curcuma domestica val.) Digunakan sebagai pencegah kanker, sakit maag, gula darah, penurun lemak dan kolesterol, antioksidan, mual, penyembuhan luka dan gatal-gatal pada kulit.

Jahe (Zingiberaceae)

Jahe sangat populer di kalangan pecinta minuman herbal. Jahe bermanfaat untuk menghangatkan tubuh di iklim dingin. Jahe juga dipercaya dapat mengatasi beberapa penyakit seperti batuk, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi pilek dan sakit kepala, mengatasi penyakit laut dan darat, serta mengobati memar.

Kencur

Beberapa manfaat kencur antara lain: Membantu melancarkan haid untuk menghilangkan rasa lelah, meredakan batuk dan mencegah radang lambung

Lengkuas

Zat aktif yang terdapat pada lengkuas, seperti lengkuas, methyl cinnamate, galangin, cineole, camphor, sesquiterpenes, cadian, resins, hexabidrocadalene hydrate dan pati, terbukti efektif mengatasi sejumlah masalah kesehatan, seperti melancarkan peredaran darah. peredaran darah, racun dan radikal bebas dari dalam tubuh. Makanan pembuka yang menyembuhkan rematik dan limpa, meredakan diare, meredakan mabuk darat dan laut, serta mencegah tumor.

Temulawak (Curcuma xanthoriza roxb)

Zat aktif berupa kurkumin jahe terbukti efektif sebagai anti inflamasi, misalnya untuk mengatasi intoksikasi bilier dan hepatitis B.

Seledri

Selain rasanya yang khas, seledri dipercaya memiliki khasiat yang dapat mengobati radang sendi dan merupakan obat pencahar ginjal yang paling ekonomis.

 

Daun Dewa

Seperti namanya, daun Dewa memiliki khasiat yang berbeda dari daun hingga akar dan dapat digunakan sebagai lalapan. Mengandung minyak atsiri, flavonoid dan saponin untuk mengobati berbagai penyakit. Beberapa manfaat daun tanaman obat dewa antara lain: melancarkan peredaran darah, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menurunkan demam, mengobati darah tinggi, menyembuhkan diabetes, nyeri, lebam dan luka. gigitan.

Sirih

Bethel dapat mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti mimisan, sakit gigi, gusi bengkak, bisul, bau mulut, bau ketiak, menghilangkan penyakit kulit, mulai haid tidak teratur, mulai batuk, jerawat, mempercepat proses penyembuhan luka bakar, suhu. dan obat kumur alami untuk membunuh bakteri aktif di dalam mulut.

Brotawali

Selain rasanya yang pahit, tanaman ini sangat ampuh untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit, antara lain: mempercepat penyembuhan luka, mengalahkan penyakit kulit, menurunkan suhu, mengobati diabetes dan rematik.

Daun kemangi

Salah satu khasiat daun kemangi yang bermanfaat adalah menetralisir racun yang terdapat pada makanan yang dibakar. Manfaat lain dari kemangi antara lain: memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan pria terutama sperma, mencegah kemandulan sebagai antiseptik alami, meningkatkan fungsi hati, mencegah ejakulasi dini, mencegah bau badan, menurunkan kadar gula darah, mencegah pengeroposan tulang, melembutkan ASI. dan menghilangkan jerawat.

Aloe Vera

dikenal dengan tanaman lidah buayanya yang sering digunakan oleh para ahli kecantikan untuk menghilangkan jerawat, menjaga kesehatan bulu mata, menguatkan rambut, menghilangkan ketombe, menghilangkan flek hitam pada wajah dan menutup pori-pori wajah yang ekstra besar. Selain itu, berbagai penyakit juga dapat dicegah dan diobati dengan lidah buaya, antara lain: memperlancar peredaran darah, membantu mempercepat proses penyembuhan setelah operasi, menyembuhkan TBC, asma, batuk, anti radang dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.