PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mengenal CVT, Bagian Vital Motor Matic Yang Jarang di Kenali Si Pemilik Motor

Otomotif  |  15 January 2021  |   206 Pengunjung

Mengenal CVT, Bagian Vital Motor Matic Yang Jarang di Kenali Si Pemilik Motor

Otomotif  |  15 January 2021 Mengenal CVT, Bagian Vital Motor Matic Yang Jarang di Kenali Si Pemilik Motor

Mengenal CVT, bagian vital motor matic yang jarang di kenali si pemilik motor Kamu motor matik mania ? karena kemudahan penggunaannya di banding motor manual ? Memang ini jadi alasan kenapa motor matik selalu di hati, nah berikut tim ASURANSIKU.id rangkum buat kamu. Pilihanmu yang jatuh di motor matik, tentu tidak salah, karena motor jenis ini terus berinovasi, salah satunya adalah akselerasi yang semakin tangguh, apabila di banding dengan mesin kapasitas yang sama namun masih memakai transmisi manual.

Dalam rangkaian mesin motor matik, ada sesuatu yang di sebut CVT (Continuously Variable Transimission) yang berfungsi untuk menggerakkan roda belakang, di CVT itu sendiri, ada beberapa komponen yang sambung menyambung, seperti kampas kopling,roler, kampas kopling double,belt, sampai mangkok kopling. diantara komponen diatas, belt adalah yang paling utama. Cara kerja belt adalah sebagai penghubung antara pulley bagian depan dan belakang, sebagai penggerak roda, beltnya putus, sekalipun mesin dapat hidup secara normal roda tidak akan berputar,

Sekalipun kegunaannya sangat penting, namun seringnya pemilik motor matic selalu abai pada kondisi belt. Terlebih komponen di bagian ini kondisinya selalu tertutup, yang membuat pemilik motor tidak bisa melakukan pengecekan mandiri, tentunya untuk membongkar komponen ini, di haruskan alat khusus semacam sabuk pengikat hingga treker, yang selalu ada di bengkel, jarang sekali yang memiliki alat ini secara pribadi di rumah.

Di samping itu, biasanya kalau motor mengganti oli di bengkel umumnya akan melakukan perawatan CTV dengan tambahan biaya selain jasa servis rutin. jadi, si pemilik pasti akan membayar bongkar CVT tambah jasa Service, jelas ongkosnya bisa lebih banyak.(arm)