PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Tips Merawat Sepeda Agar Tetap Awet Digunakan


Otomotif  |  08 March 2022  |   677 Pengunjung

Tips Merawat Sepeda Agar Tetap Awet Digunakan

Otomotif  |  08 March 2022 Tips Merawat Sepeda Agar Tetap Awet Digunakan

Tips Merawat Sepeda Agar Tetap Awet Digunakan

Bersepeda adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan menyehatkan. Hanya saja saya sangat sibuk dengan pekerjaan sehingga saya hampir tidak pernah menggunakan sepeda saya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara merawat sepeda dengan benar.

Jika kita memiliki sepeda, kita pasti ingin sepeda itu dikemas dalam waktu yang lama dan tahan lama. Oleh karena itu, harus lebih diperhatikan agar sepeda bisa digunakan dalam waktu yang lama. Perawatan sepeda secara rutin adalah cara termudah untuk memastikan sepeda yang kita beli tidak terbuang percuma.

Tidak ada masalah besar dalam merawat sepeda, tetapi itu membutuhkan komitmen. Setelah bersepeda jarak jauh, ada baiknya jika kita tidak hanya menyandarkan sepeda ke tembok dan mengayuhnya, tetapi memperlakukannya dengan kelembutan dan kasih sayang. Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan teman-teman JD.ID?

1. Menjaga sepeda Anda tetap bersih

Menjaga sepeda Anda tetap bersih itu mudah, tetapi sangat penting untuk tetap konsisten. Hal ini tidak hanya memberikan tampilan yang stylish pada sepeda, tetapi juga memastikan bahwa setiap bagian dari sepeda bekerja dengan sempurna.

Ingatlah untuk membersihkan sepeda secara menyeluruh dari bagian-bagian yang kotor setelah berkendara melalui hujan atau lumpur. Jangan lupa untuk menjadwalkan sepeda Anda secara teratur. Tergantung seberapa sering Anda berjalan, tetapi untuk menjaga sepeda Anda dalam kondisi prima, bersihkan setidaknya sebulan sekali.

2. Pelumas Anti-Aus

Pastikan sepeda dilumasi dengan benar. Terutama suku cadang sepeda yang memiliki mekanisme travel untuk mencegah keausan yang berlebihan. Hindari menambahkan terlalu banyak minyak. Ini akan menarik kotoran dan merusak sepeda. Biarkan pelumas meresap dan kemudian bersihkan sisa minyak dengan kain.

Selain rantai, lumasi semua bagian yang bergerak, termasuk tuas rem, rel (komponen transmisi atau roda gigi pada sepeda), kabel dan bantalan.

3. Ganti Rantai Secara Teratur

Rantai yang dipakai berulang kali akan terkikis oleh gigi tajam karena membawa bobot tubuh kita yang tinggi. Rantai sepeda aus dan meregang seiring waktu karena kotoran dan gesekan. Ketegangan rantai pasti akan terjadi dan itu bukan masalah besar.

Masalah terjadi ketika rantai terlalu kencang dan gigi kotak mulai aus. Jika demikian, kita harus menggantinya. Direkomendasikan untuk mengganti rantai setelah 1.600-3.200 km, setahun sekali atau segera setelah rantai mulai aus. Ini adalah tugas sederhana yang dapat diselesaikan oleh pengendara sepeda dengan peralatan dan pengetahuan yang tepat.

4. Periksa sepeda Anda secara menyeluruh sebelum digunakan

Periksa bodi atau rangka sepeda dari penyok atau penyok yang parah. Area khusus yang harus diperiksa adalah sambungan, terutama di sekitar head tube (posisinya di bawah setang) dan braket bawah.

Jika ada keretakan, bawalah sepeda ke bengkel dan periksakan ke mekanik yang ahli. Rawat sepeda Anda dengan penyesuaian rutin dan pemeriksaan tahunan di bengkel yang biasa kami kunjungi.

5. Penyimpanan sepeda yang benar

Setelah selesai menggunakan sepeda, teman-teman JD.ID bisa membersihkan sepeda terlebih dahulu. Kemudian simpan sepeda dengan benar. Meninggalkan sepeda motor tanpa pengawasan akan mempercepat kerusakan. Sinar matahari, hujan dan benda asing menyebabkan sepeda mogok dan kami harus memperbaikinya.

Dalam cuaca hujan, karat juga dapat berkembang lebih cepat pada beberapa komponen logam. Yang terbaik adalah menyimpan sepeda Anda di dalam ruangan karena Anda dapat menggantungnya di dinding. Tetapi jika kita tidak memiliki cukup ruang, lindungi dengan penutup sepeda.