PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Sejarah Okonomiyaki, Panganan Rakyat Jepang Di Masa Perang


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  18 July 2023  |   1178 Pengunjung

Sejarah Okonomiyaki, Panganan Rakyat Jepang Di Masa Perang

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  18 July 2023 Sejarah Okonomiyaki, Panganan Rakyat Jepang Di Masa Perang

Bila Sahabat ASURANSIKU.id adalah salah satu penggemar kuliner Jepang mesti tak asing lagi dengan okonomiyaki. Kuliner lezat khas Jepang ini dibuat dari tepung terigu serta diencerkan dengan air serta dashi. Dari bahasa Jepang, okonomi berarti "sesukanya" kemudian yaki memiliki arti "panggang".  Sesuai dengan nama tersebut, bagian atas serta topping dari okonomiyaki dapat disesuaikan bagi tiap orang yang menyantapnya menggikuti selera masing-masing. Hidangan ini tenar di Jepang, khususnya di prefektur Hiroshima dan Osaka.

Sajian ini biasanya ditambah irisan kubis, campuran seafood, telur ayam, serta ada juga yang menggunakan daging babi. Kemudian adonan-adaonan tersebut digoreng di atas penggorengan datar atau biasa dikenal dengan nama teppan.

Kuliner ini dapat langsung dinikmati atau dimakan bersama nasi putih. Memakai sendok datar  dengan nama kote membuat menyantap okonomiyaki semakin nikmat.

Sejarah 
Pada mulanya, okonomiyaki telah lama ditemukan jauh sebelumnya pecahnya Perang Dunia II tahun 1939 yang lampau. Banyak beragam variasi Okonomiyaki yang berkembang selama perang berlangsung hingga selesai.

Sewaktu periode Edo lebih kurang tahun 1683 hingga 1868, terdapat hidangan penutup yaitu Funoyaki yang khusus disajikan untuk upacara Buddha. Hidangan ini kemudian berkembang di era Meiji (1868-1912) menjadi panganan yang lebih manis hingga dimasa kini biasa dikenal dengan nama Sukesoyaki. Selama kurun waktu 20 hingga 30 tahun, hidangan ini semakin berkembang serta fokus pada sausnya, lalu mulai mendapat nama Yoshokuyaki.

Baca Juga: Melirik Bento, Bekal Bersejarah Populer Makanan Ala Jepang

Okonomiyaki yang dikenal luas saat ini pada akhir tahun 30an mulai dikenalkan di Osaka, serta semakin dikenal hingga saat ini. Keberadaan kuliner okonomiyaki semakin digemari selama periode perang. Di era perang beras sangat langka, penduduk Negara Matahari Terbit cari cara agar dapat bertahan hidup menggunakan bahan makanan yang ada.

Dimasa itu warga negara Jepang kemudian memulai menciptakan pancake gandum sederhana. Seiring perkembangannya ada tambahan lain seperti daging babi, telur, dan kubis.

 

Jenis-Jenis Okonomiyaki

 

Daerah-daerah di Jepang punya okonomiyaki bergaya khas masing-masing. Namun ada dua yang cukup populer bagi para penggemarnya, yaitu Okonomiyaki Kansai Osaka serta Okonomiyaki yang berasal dari Hiroshima.

Okonomiyaki Kansai atau Osaka
Okonomiyaki Kansai atau Osaka, memiliki khas memanggang semua adonan campuran. Okonomiyaki klasik dikenal dengan butatama yaitu okonomiyaki berisi irisan daging babi tipis, serta ikatama yang isinya potongan tipis cumi-cumi.

Kemduain ada juga Modanyaki khas Kansai dengan tambahan mi kukus. Di 2023 ini, rumah makan okonomiyaki telah menyediakan ragam referensi serta pilihan isian mulai dari kerang, udang, daging sapi, asinan jahe warna merah, daun bawang, mochi, kimchi, sampai dengan jagung kalengan bertabur lelehan keju.
Okonomiyaki Kansai biasanya ada tambahan mayones pada okonomiyaki yang telah matang guna menambah perpaduan lezat saus khasnya yang sedikit pedas serta manis.

Okonomiyaki Hiroshima
Okonomiyaki khas Hiroshima biasanya memiliki topping yakisoba (mi goreng) bertabur saus dan irisan daun bawang. Okonomiyaki gaya Hiroshima atau Hiroshimayaki, dengan topping yakisoba atau mi goreng bertabur saus serta iris-irisan daun bawang. Sedangkan, di Hiroshima, mereka membuat pancake tipisyang nantinya ada bahan lain di atas toppingnya .

Okonomiyaki Hiroshima diisi lebih banyak irisan kubis ketimbang okonomiyaki Kansai atau Osaka. Mi goreng atau yakisoba serta udon merupakan topping standar ala Hiroshima, karena itu hidangan ini dikenal dengan nama Hiroshimayaki. Rumah makan okonomiyaki di Hiroshima memakai saus Otafuku andalan orang Hiroshima. 
Nah! Sahabat ASURANSIKU.id, itulah sejarah serta detail tentang ragam jenis okonomiyaki yang tenar di Jepang.