PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Merayakan Galungan dan Kuningan 2021 Dengan Pandemi

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  13 April 2021  |   324 Pengunjung

Merayakan Galungan dan Kuningan 2021 Dengan Pandemi

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  13 April 2021 Merayakan Galungan dan Kuningan 2021 Dengan Pandemi

Galungan merupakan hari Raya Suci Agama Hindu yang setiap 6 bulan sekali diadakan atau berdasarkan dengan pawukon Buda Kliwon Dungulan (Kalender Chaka). Hari Raya Galungan menjadi hari dimana kemenangan Dharma(kebaikan) melawan Adharma(Keburukan). Makna dari hari Raya Galungan itu sendiri artinya sifat Mala (kotor) yang berdiam dalam diri Manusia. Sebagai Manusia kita hendaklah mampu melawan setiap sifat mala supaya menjadikan diri kita lebih baik lagi. Para Umat Hindu biasanya memasang Penjor sebelum Galungan biasa disebut Penampahan Galungan. Penjor merupakan simbol Naga Basukih, dimana Basukih memiliki makna kesejahteraan atau kemakmuran, memasang Penjor di Hari Raya Galungan menjadi wujud rasa Bakti serta Terima Kasih kepada Sang Hyang Widhi Wasa atas segala kemakmuran dan kesejahteraan yang sudah diberikan-Nya.

Selepas hari Raya Galungan berlalu. Umat Hindu merayakan juga hari Raya Kuningan, tepat 10 hari setelah Galungan. Dalam kalender Chaka, Kuningan jatuh pada pawukon Saniscara Kliwon. Di hari Raya Kuningan ini, kita yang merupakan makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi Wasa mesti berintropeksi serta berjanji agar diri kita lebih baik serta juga dapat mengalahkan sifat Adharma dalam diri kita.  

Galungan dan Kuningan yang dijalani di masa wabah Corona melanda dunia dan Bali memang banyak tantangannya.Namun ASURANSIKU.id selaku penyedia asuransi jiwa mengajak serta mengimbau agar seluruh masyarakat yang beragama Hindu, agar senantiasa mulat sarira atau introspeksi diri. ASURANSIKU.id berpesan sewaktu merayakan Galungan dan Kuningan lakukan dengan sederhana di masing-masing keluarga serta senantiasa ikuti protokol kesehatan (prokes). 
Saat sembahyang dengan keluarga ASURANSIKU.id sebagai penyedia layanan asuransi kesehatan menyarankan agar mengambil waktu secara bergiliran, jangan berkerumun sampai terlalu banyak. Dengan begitu makna utama dari perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan tak melenceng dari yang menjadi tuntunan ajaran agama Hindu.

Persembahyangan dengan mematuhi prokes itu adalah suatu hal yang penting. Pertimbangannya, vaksin memang telah tersedia namun pandemi belum selesai. Dan saat ini perkembangannya masih  menghawatirkan. Karena itu, ASURANSIKU.id juga mengimbau agar seluruh masyarakat yang merayakan Galungan dan Kuningan supya selalu mengimplementasikan nilai adiluhung leluhur.

ASURANSIKU.id di hari yang suci ini mendoakan agar semua pihak mendapat keselamatan serta kedamaian. Selamat Hari Raya Galungan, Rabu (13/4) dan Kuningan, Sabtu (24/4).(rsv)