PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

3 Tips Manfaatkan THR Guna Jaminan Kesehatan 

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  28 April 2021  |   93 Pengunjung

3 Tips Manfaatkan THR Guna Jaminan Kesehatan 

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  28 April 2021 3 Tips Manfaatkan THR Guna Jaminan Kesehatan 

Larangan mudik untuk Lebaran 2021 bisa dimanfaatkan untuk momentum membeli asuransi kesehatan dari sebagian uang tunjangan hari raya (THR).
Kenaikan tren biaya medis di negara Indonesia meningkat lebih kurang 14 persen pada tahun 2021 ini. Hal ini bisa dijadikan indikator biaya perawatan serta pengobatan medis mahal bila tak ada jaminan kesehatan.

Asuransi kesehatan dari ASURANSIKU.id yang menanggung biaya pengobatan sampai perawatan medis lainnya bila nasabah sakit. Hal itu dapat dalam wujud rawat jalan, rawat inap, sampai pembedahan.

Lantas, apa wajib diperhatikan guna memanfaatkan uang THR membeli asuransi kesehatan? Berikut 3 tips memilih asuransi kesehatan dari ASURANSIKU.id.

1. Bila doku terbatas dan asuransi kesehatan belum megang, lekas beli asuransi kesehatan rawat inap.
Buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan serta bujet terbatas buat bayar premi, asuransi kesehatan rawat inap boleh dijajal. Sementara itu, untuk rawat jalan bisa dari dana darurat atau pemakaian BPJS Kesehatan.

Alasan asuransi kesehatan rawat inap jadi prioritas yaitu ada banyak komponen biaya seseorang mesti menjalani proses rawat inap rumah sakit. Biaya akomodasi (kamar), obat-obatan, biaya dokter, laboratorium, serta biaya lain terkait rumah sakit. Selain itu, pilih asuransi kesehatan rawat inap yang sesuai bujet serta kebutuhanmu.

2. Perhatikan plafon dari setiap biaya
Idealnya, plafon untuk biaya kamar, aneka perawatan, pembedahan, dokter dan lainnya adalah on bill (sesuai tagihan). Namun, besarnya plafon tentu berbanding lurus dengan premi yang dibayarkan.

Kenalilah besaran plafon dengan cermat dan saksama agar manfaat asuransi kesehatan yang kamu beli menjadi bermanfaat.

3. Jangan terburu-buru mengambil asuransi melahirkan
Kita tahu bahwa biaya melahirkan tidaklah murah, ketika seseorang memutuskan untuk menjalani operasi c-section (caesar) maka bisa saja biaya persalinan menyentuh ratusan juta rupiah. Manfaat melahirkan umumnya menanggung risiko medis tak terduga dari persalinan seperti komplikasi atau keguguran. 
Akan tetapi, premi dari tambahan manfaat melahirkan yang ditawarkan beberapa perusahaan asuransi umumnya mahal dan pertanggungannya tidak terlalu besar. Hal itu disebabkan kehamilan bukan merupakan “risiko” melainkan hal yang sudah direncanakan oleh pasangan.
Belum lagi, asuransi melahirkan bukanlah asuransi independen (berdiri sendiri). Asuransi itu bersifat rider (tambahan), untuk memilikinya kamu tentu harus membeli asuransi dasarnya terlebih dulu.

Itulah hal-hal yang bisa dipertimbangkan sebelum memakai uang THR buat beli asuransi kesehatan. Ketahuilah bahwa asuransi yaitu pengeluaran, bukan investasi.
Risiko finansial yang kita alami sewakyu kita jatuh sakit serta menjalani perawatan medis akan ditransfer perusahaan asuransi kesehatan, supaya tabungan yang kita miliki tak terkuras. Tidak ada besaran ideal mengenai premi yang ideal berdasarkan pendapatan per tahun, karena masing-masing orang memiliki kebutuhan proteksi yang berbeda. Oleh sebab itu, cermatlah memilih asuransi kesehatan.