PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Fungsi Jantung Manusia Yang Penting Untuk Disimak


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  25 March 2021  |   3107 Pengunjung

Fungsi Jantung Manusia Yang Penting Untuk Disimak

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  25 March 2021 Fungsi Jantung Manusia Yang Penting Untuk Disimak

Jantung sebagi organ vital di tubuh manusia memiliki tugas menerima serta memompa darah untuk seluruh tubuh. Jantung berfungsi vital untuk tubuh manusia serta memiliki sistem kerja yang sudah ditentukan oleh masing-masing bagian dalamnya. Setiap bagian berfungsi untuk kehidupan kita. Oleh karena itu, agar bekerja secara maksimal bagi tubuh kita jaga dan peliharalah jantung sebaik-baiknya.

Berikut ini ASURANSIKU.id sebagai penyedia asuransi kesehatan pembuluh darah dan jantung telah rangkum 5 fungsi utama jantung pada manusia.

1. Perikardium
Fungsi jantung yang pertama pada manusia menurut divisis asuransi kesehatan pembuluh darah dan jantung dari ASURASNIKU.id bisa dilihat di bagian perikardium. Jantung yang ada di dalam rongga ini berisi cairan atau disebut juga perikardial. Dinding serta lapisan rongga perikardial ini yang disebut dalam dunia medis sebagai perikardium.

Perikardium merupakan sebentuk membran serosa penghasil serous yang cair dengan fungsi untuk melumasi jantung sewaktu berdenyut serta mencegah gesekan yang bisa saja menyakitkan di antara jantung serta organ sekitarnya.

2. Serambi
Fungsi jantung pada manusia berikut dari divisi asuransi kesehatan pembuluh darah dan jantung yaitu serambi jantung. Serambi adalah bagian jantung atas yang terdiri dari kanan dan serambi kiri. Serambi kanan memiliki fungsi guna menerima darah kotor dari tubuh yang nantinya dibawa oleh pembuluh darah.
Sedang pada sebelah kiri berfungsi menerima darah bersih yang melalui paru-paru. Serambi terdiri dari dinding yang lebih tipis serta tak berotot sebab tugasnya hanya untuk ruangan penampung darah.

3. Bilik
Ventrikel adalah nama lain bilik, bagian jantung bawah dengan bagian kanan dan kiri. Bilik kanan memiliki fungsi pemompa darah kotor dari jantung menuju paru-paru.
Sementara itu, bilik kiri memiliki fungsi sebagai pemompa darah bersih dari ke seluruh tubuh dari jantung. Dinding bilik memiliki tebal dan otot yang lebih baik ketimbang serambi, karena bekerja lebih keras untuk memompa darah baik dari jantung ke paru-paru maupun ke seluruh tubuh.

4. Katup
Fungsi jantung pada manusia yang berikut sesuai penjabaran dari divisi asuransi kesehatan pembuluh darah dan jantung dari ASURANSIKU.id dapat dilihat dari katup jantung. Bagian ini  sendiri memiliki 4 katup yang menjaga aliran darah serta mengalir ke satu arah, yaitu :
-Katup trikuspid, sebagai pengatur aliran darah diantara bilik dan serambi kanan.
-Katup pulmonal, tempat aliran bilik kanan berisi darah menuju arteri pulmonalis dengan bawa darah ke paru-paru guna mengambil oksigen.
-Katup mitral, sebagai distributor darah berisi oksigen dari paru-paru dan menyebarkan dari serambi kiri menuju bilik kiri.
-Katup aorta, adalah pembuka jalan untuk darah kaya oksigen guna dilewati dengan bilik kiri menuju aorta.

5. Pembuluh Darah
Terdapat 3 pembuluh darah utama di jantung yaitu:
?Vena, pembuluh darah satu ini membawa darah yang berisi sedikit oksigen dari tubuh keseluruhan guna kembali ke jantung. vena memiliki dinding lapisan pembuluh yang tak terlalu tebal.
?Arteri, membawa darah kaya oksigen pada jantung ke bagian tubuh yang lainnya. Arteri mempunyai dinding elastis yang membuatnya sanggup menjaga tekanan darah selalu konsisten.
?Kapiler, bertugas sebagai penghubung arteri terkecil dengan vena terkecil. Dinding tipis agar pembuluh darah untuk bertukar senyawa dengan jaringan sekitarnya, seperti karbon dioksida, air, oksigen, limbah, dan nutrisi.

Setelah sahabat ASURANSIKU.id mengenal fungsi jantung di atas, bagaimana dengan keluarga di rumah? Apa saat ini telah terlindungi asuransi kesehatan dengan baik? Konsultasikan asuransi kesehatan pembuluh darah dan jantung bersama ASURANSIKU.id Hubungi segera untuk konsultasi di nomor 0812-1234-7023.(rsv)