PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Perawatan Radiator Sepeda Motor


Otomotif  |  17 March 2021  |   1522 Pengunjung

Perawatan Radiator Sepeda Motor

Otomotif  |  17 March 2021 Perawatan Radiator Sepeda Motor

Di masa kini, tak hanya motor sport atau motor touring, motor skutik, motor bebek juga di bekali radiator atau sistem pendingin dengan cairan, sayangnya tak semua pemilik motor paham bagaiman cara merawat dan menjaganya, perawatan radiator sepeda motor.

Perawatan radiator pada sepeda motor sangatlah penting sebab berhubungan dengan performa motor, jika tempratur mesin melebihi batas toleransinya, maka rawan menyebabkan overheat hingga menyebabkan kendaraan mogok.

Kehadiran radiator yang di berikan oleh produsen sepeda motor ini mampu meminimalisir kejadian tersebut, sayangnya, radiator seringkali mengalami kerusakan, di
karenakan perawatan yang kurang oleh pemiliknya. Beberapa hal yang mendasarinya adalah kerusakan pada Cylinder Comp atau beberapa bagian lainnya, sebab itu, kondisi radiator harus terus di jaga agar tetap awet dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut ini tim ASURANSIKU.id rangkum cara merawat radiator pada sepeda motor agar tetap berfungsi dengan baik : 

1. Mengganti Carian Coolant 
Tak hanya pelumas mesin cairan coolang pada radiator harus di kuras berkala, tentunya berdasar periode yang tertulis di manual book servicenya, dan khusus untuk ini, kami menyarankan untuk menggantinya di bengkel resmi.

2. Pastikan mengganti dengan Coolant Liquid yang terpercaya
Ada baiknya menggunakan produk yang sesuai dengan merk motornya, apabila pengguna Honda, bisa memakai PreMix Coolant atau AHM, jangan sekali-kali mengganti dengan air mineral, air keran apalagi air sungai, jangan, kelebihannya adalah meski pada suhu 0 derajat, cairannya tidak membeku, dan tidak juga mendidih saat mendekati 100derajat, bahkan tidak juga menyebabkan karat pada besi di instalasi radiator, juga tak meninggalkan sisa kotoran.

3. Pembersihan Kisi-kisi Radiator
Sirip pendingin radiator harus juga di bersihkan dari debu maupun kotoran yang menempel, di butuhkan keterampilan dalam menanganinya, agar tak merusak sirip
pendinginnya.

4. Jangan memakai cover radiator sembarangan
Pastikan pelindung atau cover radiator yang di gunakan memang yang di rekomendasikan oleh produsen motor, sebab jika bukan rekomendasinya, tentu akan menggangu kinerja sistem pendinginannya, sehingga aktifitas mesin motor menurun dan mudah mengalami kerusakan. Indikatornya adalah, yang terdapat di panel meter, jika lampunya menyala atau berkedip mengharuskan radiator bawaan pabrikan harus di maintenance.

Pastikan anda rajin merawat sepeda motor kesayangan anda, tentu perawatannya harus di bengkel resmi untuk pemeriksaannya, gunakan juga alarm anti maling untuk melindungi motor anda, supaya anda merasa aman saat memarkirnya, dan jangan lupakan pula Asuransi Kendaraan untuk menjamin motor anda dari pencurian, aksi kejahatan hingga kerusakan, hanya melalui jasa pialang asuransi.(arm)