PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Kenali Bahaya Kelainan Kepribadian

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  12 January 2021  |   99 Pengunjung

Kenali Bahaya Kelainan Kepribadian

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  12 January 2021 Kenali Bahaya Kelainan Kepribadian

Beberapa hal yang menyangkut tentang kesehatan tak hanya menyangkut masalah fisik, namun berkaitan dengan kejiwaan seseorang, yang seringkali mengganggu aktifitas kesehariannya, jika permasalahan yang masih under-control semacam stress maupun depresi ringan, masih dapat di sembuhkan melalui meditasi pernapasan, namun terdapat kondisi tertentu hingga gangguan tingkat lanjut, yang jelas membutuhkan penanganan oleh pihak medis yang pengalaman di bidangnya, apa sajakah jenis penyakit tersebut ?

1. Paranoid
Sebuah jenis gangguan kepribadian yang membuat pengidapnya selalu memiliki rasa curiga berlebih pada siapapun, termasuk pada keluarganya sekalipun, waspadai penyakit mental tipe ini, karena bisa saja menyerang siapapun, dengan penyebab yang kategori sederhana, termasuk seseorang yang baru saja mengalami patah hati.

Gangguan ini bisa saja terjadi karena dipicu oleh penyakit mental yang lebih parah seperti skizofrenia ataupun karena faktor lingkungan, Trauma fisik hingga hal yang menyakitkan secara emosional di masa lalu, dapat menjadi penyebab seseorang mengidap paranoid.

2. Skizoid
Adalah sakit kepribadian yang membuat pengidapnya seringkali menjadi seorang penyendiri, bukan karena sedang membutuhkan waktu me-time, namun cenderung menjauhi hal-hal yang bersifat sosial, hingga gairah ketertarikan pada lawan jenis pun telah sirna, kelaianan kepribadian tipe ini dapat di alami sejak masa kanak-kanak yang berlanjut di masa dewasa, hingga merasa tidak nyaman apabila diantara pergaulan, sedangkan rasa ingin bersosialisasi pun sudah tidak ada.

3. Skizotipal
Pola pikir orang yang mengalami gangguan Skizotipal seringkali abnormal dan berkhayal yang muluk, senada dengan Skizoid, gangguan jenis ini membuatnya tidak nyaman dengan interaksi sosial, mereka sering merasa tidak sadar bertingkah aneh dengan cara bicara yang tak lazim, jika di banding orang normal pada umumnya.

4. Antisosial
Kelainan kepribadian Antisosial sangatlah menyulitkan hidup si penderitanya, karena kita sebagai orang yang hidup di circlenya, akan seringkali kesulitan untuk memaklumi segala drama nya, karena mereka seringkali mengalami kesulitan mengendalikan emosinya. Umumnya, orang jenis ini jarang sekali mempunyai hubungan jangka panjang dengan siapapun, karakternya mudah sekali memarahi siapapun, bahkan menipu dan menyudutkan seseorang.

5. Borderline Personality Disorder
Atau biasa di sebut Gangguan Kepribadian Ambang, penderitanya secara umum memiliki emosi yang sangat tidak stabil, bahkan tak segan-segan self harm (menyakiti diri sendiri), perlu di waspadai, bahwa perilaku penyakit Ambang ini akan merasa kesusahan berinteraksi dengan orang lain, dan tak sedikit menyalahkan orang lain apabila si penderita ini mengalami kesulitan bergaul.

Hingga kini, beberapa masalah kejiwaan tergolong mahal untuk pengobatannya, dan seperti penulis ASURANSIKU.id sebutkan di atas tadi, bahwa beberapa penyakit dapat menyerang siapapun, kapanpun dan melalui kejadian apa saja, maka dari itu, sewajarnya anda memproteksi diri dari beberapa penyakit, termasuk penyakit kejiwaan dengan Asuransi Kesehatan bukan sebuah aib ataupun hal memalukan untuk penyembuhan kelainan kepribadian.(arm)