PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Ragam Fungsi Gudang Dalam Rantai Logistik

Umum  |  13 February 2020  |   711 Pengunjung

Ragam Fungsi Gudang Dalam Rantai Logistik

Umum  |  13 February 2020 Ragam Fungsi Gudang Dalam Rantai Logistik

Bagi pegiat bisnis gudang pastilah sudah tidak asing lagi dalam jasa pemasokon. Gudang merupakan wadah penyimpanan bahan atau barang, bahan baku, sampai barang yang sudah jadi atau sering disebut finished goods. Pada ragam aktivitas gudang sangat ramai, dimulai sewaktu penerimaan, bagian simpan, sampai pada pengiriman bahan barang dari tempat satu ke lokasi yang ditentukan.

Gudang punya peran penting dalam sistem logistik sertai rantai pasok industri. Hanya saja masih banyak yang mengira fungsi gudang sebatas tempat penyimpanan aja, berikut adalah fungsi lain gudang:
Gudang Sebagai Pengumpulan
Konsolidasi adalah fungsi gudang sebagai tempat untuk koleksi barang pada sejumlah lokasi untuk didistribusikan menuju lokasi penerima. Pabrik biasanya memiliki lokasi masing-masing untuk pengumpulan dan pengaturan barang dari tempat asal ke tempat tujuan. Total biaya pengiriman menjadi lebih rendah bila dibanding biaya sewaktu mengirimkan langsung pada pihak pelanggan.
Gudang Sebagai Link Produk
Gudang dalam fungsi ini digunakan untuk memecah produksi dalam jumlah besar ke beberapa bagian di jumlah yang agak kecil. Ini mengefisiensi ongkos pengiriman.
Gudang Mixing In-Transit
Gudang ini berfungsi untuk mengkombinasikan beberapa barang dari produksi yang berbeda menuju beberapa langganan sesuai kebutuhan barang.
Gudang Operation Dock
Sebagai tempat cross-dock operation, yaitu tempat menerima barang. Proses penerimaan dilakukan sampai proses penyimpanan barang. Cross-dock berguna untuk situasi, semisalnya sayur dan bahan baku yang tidak tahan lama.(RSV)