PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Sampai Stadium Terganas Ini Penjelasan Ringkas Tingkatan Kanker


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  04 February 2020  |   2440 Pengunjung

Sampai Stadium Terganas Ini Penjelasan Ringkas Tingkatan Kanker

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  04 February 2020 Sampai Stadium Terganas Ini Penjelasan Ringkas Tingkatan Kanker

Ada beberapa orang yang didiagnosa kanker di awal stadiumnya, namun juga ada yang baru diketahui adanya sel kanker yang tumbuh sesudah memasuki stadium akhir. Dokter yang biasanya memberi diagnosis dan tingkatan kanker adalah dokter dengan spesialis bidang patologi anatomi.

Pentingnya stadium kanker adalah untuk memahami para dokter yang menangani seberapa parah kanker pasiennya, serta peluang perhitungan hidup para penderita kanker. Selain itu bisa menjadi pertimbangan dokter merencanakan penanganan yang terbaik dan paling sesuai untuk kondisi fisik para penderita kanker. Stadium kanker tercantum pada laporan dokter patologi kanker. Dibawah ini kondisi sel kanker berdasar pada stadium:

Stadium 0
Pada stadium ini kanker baru tumbuh. Sel kanker berada pada tempat pertama, belum menyebar di jaringan tubuh sekitarnya. Kanker di stadium 0 dapat diatasi melalui pengangkatan jaringan sel kankernya serta memiliki tingkat keberhasilan tinggi.

Stadium I
Jaringan ini berukuran kecil hingga disebut juga kanker stadium I. Di stadium awal ini banyak orang tidak sadar mereka mengalami kanker, sebab tanda-tandanya memang tidak nampak. Dalam jaringan tubuh belum menyebar serta tubuh lainnya terlihat tidak ada gangguan. Pada penderita penyakit kanker payudara di tingkat ini pengobatan dilakukan melalui operasi kemoterapi terapi hormon payudara.

Stadium II 
Sel kanker tumbuh lebih besar dan sudah berkembang dibanding ketika masih stadium I. Kanker bertahan di titik awal dan belum menyebar pada bagian tubuh yang lainnya.

Stadium III 
Sel kanker mirip dengan sel kanker pada stadium II. Tumbuh lebih dalam ke jaringan tubuh mulai terlihat pada stadium ini. Ada yang menyebar di kelenjar getah dan sekitarnya. Meski demikian sel-sel kanker penyebarannya belum sampai pada bagian tubuh lainnya.

Stadium IV
Sel kanker yang awal mulanya hanya terletak di satu titit sudah menyebar. Pada stadium ini sekiranya pada titik pertama jaringan-jaringan organ tubuh mulai merusak organ lainnya. Penyebaran sel kanker disebut dengan istilah metastasis sel kanker. Tujuan utama adalah menghentikan penghambatan tumbuhnya sel kanker serta mengurangi keluhan penderitanya.

ASURANSIKU.id sadar biaya pengobatan untuk kanker masih tergolong mahal dan menguras tidak sedikit uang. Tidak perlu menunggu kritis bila telah didiagnosa penyakit seperti kanker, misal sudah pada stadium akhir.