PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Beli rumah dari developer ? siapkan pertanyaan kritis ini

Properti  |  05 July 2022  |   170 Pengunjung

Beli rumah dari developer ? siapkan pertanyaan kritis ini

Properti  |  05 July 2022 Beli rumah dari developer ? siapkan pertanyaan kritis ini

Developer tentunya membangun rumah dalam jumlah banyak, bangunan masal ini biasanya dikerjakan oleh satu atau beberapa kontraktor, dan dari pihak developer yang menginspeksi  pekerjaan kontraktor, tentunya jumlah tenaga kerjanya sangat terbatas, meskipun biasanya pihak developer berpengalaman dalam hal tersebut, tentu kekurangan atau kegagalan kerja lainnya bisa saja terjadi, bahkan sesaat setelah akad kredit terjadi.

Kritis bukan berarti kita skeptis dan mementahkan jawaban dari developer, namun lebih kepada beberapa pertanyaan yang seringnya tidak diajukan oleh calon pembeli, sehingga beberapa efect atau kecacatan kecil dari pekerjaan kontraktor yang di manage dan di inspeksi oleh developer justru kedepannya menyebabkan kerugian yang tidak mengenakan kita sebagai pembeli, simak tips berikut.

Level lantai, railing tangga dan jendela
Untuk menguji apakah lantai rumah rata atau tidak, kamu bisa melempar bola golf ke lantai, jika bola menggelinding dan berakhir di sudut rumah, itu berarti kondisi lantainya bagus, sebaliknya  jika bola itu berhenti di tengah-tengah lantai, ini menjadi indikasi bahwa lantainya tidak rata. 

Selanjutnya pastikan juga tidak ada keretakan dan kerusakan berarti di setiap lantai, dan pastikan juga dengan brosur rumah yang kamu beli, apakah spek lantai sudah sesuai.

Begitupun dengan jendela yang harus bisa terbuka dan tertutup dengan lancar, kamu juga perlu mengamati lapisan cat pada bingkai jendela untuk mengetahui ada goresan atau tidak termasuk railing tangga atau bahkan anak tangga itu sendiri.

Udara dan pencahayaan
Rasakan hawa yang masuk, termasuk pencahayaan dari luar, apakah bisa membawa suasana hangat, damai dan bersahabat ? jika terasa suram, kamu bisa request untuk pembuatan jalur udara masuk tambahan, apalagi kalau rumah yang kamu beli termasuk mahal dan dari developer ternama.

Barang yang termasuk
Apa saja barang yang termasuk dan dianggap sebagai perlengkapan biasanya disertakan ketika membeli rumah contohnya adalah lemari, keran, dan tirai jendela, namun, mungkin ada item yang kamu pikir termasuk dalam rumah tetapi sebenarnya tidak seperti itu, deskripsi cantuman harus menyebutkan pengecualian yang tidak termasuk disediakan penjual, tetapi tidak selalu demikian.

Perlukah penambahan
Untuk konsep rumah mewah, biasanya sudah include, namun sesuai selera jika menurut kamu ada yang perlu ditambahkan, sebaiknya tanyakan pada pihak site project dari developer tersebut,  sisi bangunan manakah yang sebaiknya atau layak di renovasi, ataukah penambahan, biasanya seperti taman belakang rumah, meski begitu terdapat beberapa poin yang belum boleh di ubah pada jangka waktu tertentu, biasanya sisi bangunan tampak depan.

Cari tahu perbaikan atau renovasi besar apa yang sebaiknya dilakukan bagi pembeli sejak menempati rumah, dan mintalah jaminan pabrikan asli untuk setiap peralatan atau sistem jika itu telah  diganti, mengetahui ketahanan usia bangunannya, termasuk ketahanan usia peralatan elektronik didalamnya adalah cara bijak supaya kita mengetahui kapan rumah harus diperbaiki, karena lebih baik memahami harga yang diperlukan.

Tekanan air
Buka semua keran air di rumah selama satu menit dan biarkan air mengalir keluar, cara bertujuan untuk memastikan bahwa semua keran berfungsi dengan baik dan saluran pipa air dipasang  dengan benar sehingga tidak terjadi penyumbatan, ingat juga untuk menyiram semua perlengkapan di toilet untuk memastikan bahwa sistem air dalam kondisi baik, saat kamu melakukannya,  perhatikan juga bila ada kebocoran.

Kontraktor
Sederhana, kamu bisa menanyakan pada marketing agar marketing developer tadi menyampaikan pada pihak site project, kontraktor mana yang membangunnya, setelah dapat nama  perusahaan kontraktor yang mengerjakan, lakukan pencarian di Internet, baca track recordnya.

Membeli rumah baik untuk investasi atau rumah tinggal, tentu sebagai pembeli kita menginginkan properti tersebut mendatangkan rasa nyaman saat ditempati dan menghasilkan keuntungan  baik dari segi finansial atau keuntungan lain sebagai persinggahan, maka dari itu sejak tahap membeli jangan sungkan bertanya mengenai apa yang akan kita miliki.

Baik rumah murah atau rumah mewah, tetap saja membutuhkan perawatan dan biaya yang tidak murah apabila terjadi sesuatu, yang mana pengerjaan untuk itu semua akan menguras tenaga  waktu dan perhatian, agar tidak pusing akan hal-hal itu, pasrahkan kepada agen asuransi atau broker asuransi terbaik mengenai asuransi rumah yang kamu pilih.(Arm)