PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Benarkah sedan tidak kuat ditanjakan?


Otomotif  |  30 June 2022  |   1080 Pengunjung

Benarkah sedan tidak kuat ditanjakan?

Otomotif  |  30 June 2022 Benarkah sedan tidak kuat ditanjakan?

Saat asik mengendarai mobil berjalan-jalan atau solo touring, ternyata tiba-tiba dikejutkan dengan track yang menanjak, sementara kita yang mengenal karakter mobil sendiri, menjadi tidak yakin apakah mobil yang kita kendarai bisa melewati tanjakan tersebut atau tidak.

Beberapa kejadian yang viral di Internet banyak menampilkan mobil jenis sedan, hatchback tidak terlalu banyak yang berhasil melewati tanjakan, berbeda dengan jenis MPV apalagi SUV, namun terdapat beberapa trick tersendiri dan treatment agar mobil bisa menanjak, lalu apakah betulkah sedan sebenarnya tidak kuat ditanjakan ?

Tentunya kita harus hati – hati dan selalu mawas diri jikalau terjadi sesuatu pada kamu dan tentunya pada kendaraan kesayangan kamu, lain dari pada itu, kita juga harus memerhatikan keselamatan kendaraan atau orang yang sedang berada di sekitar kamu saat melakukan perjalanan.

Skill Driver
Driver atau supir adalah salah satu faktor yang tidak kalah penting lainnya adalah faktor supirnya sendiri ya sahabat ASURANSIKU.id karena sebagus apapun mobil kamu, sebagus apapun modifikasi mobil kamu, tetapi jika tdak disertai dengan supir yang hkamul tetap saja fungsi mobil kamu tidak akan bisa digunakan semaksimal mungkin karena faktor supir yang kurang hkamul.

Maka dari itu apabila sahabat ASURANSIKU.id ingin melakukan perjalanan jauh dna banyak melalui tanjakan – tanjakan, pastikan mobil kamu dikendarai oleh supir yang handal atau pastikan kamu memang sudah menguasai cara mengendarai mobil saat ditanjakan.

Modifikasi mobil agar kuat ditanjakan

Umumnya iasanya mobil dengan berat 1000 kg, sebaiknya memiliki Tenaga Horse Power diatas 100 HP, hal ini bertujuan untuk menjaga performa mobl kamu tetap kuat pada saat akan menaiki tanjakan jalanan tersebut.

Tenaga pada mobil atau mesin mobil memiliki satuan dengan nama Horse Power ( HP), meskipun sebenarnya bukan faktor utama pada mesin, akan tetapi besarnya Horse Power ini akan sangat terasa pada saat kita melakukan akselerasi di jalanan yang terjal atau jalanan yang tanjakan, maka dari itu sebaiknya lakukan pmeriksaan terhadap Horse Power kamu terlebih dahulu baru melakukan perjalanan tanjakan ini ya sobat, agar tidak menimbulkan masalah nantinya.

Adalah torsi sebaga ukuran kemampuan pada mobil untuk membawa beban dengan satuan newton Meter ( NM), torsi ini bisa di ibaratkan seperti kemampuan mobil bergerak dari keadaan diam sampi keadaan bergerak kembali.

Faktor yang paling menentukan pada mesin untuk menanjak adalah bagian torsi mobil dengan satuan ( NM atau Kgm), dengan kata lainnya makin besar torsi pada mobil kamu, maka akan semakin besar pula daya tarikan dan ketangguhannya ketika menaiki tanjakan, untuk melakukan modifikasi pada mobil kamu, sertakan juga torsi ini di list modifikasi kamu ya sobat.

Selanjutnya yang biasa menjadi tolok ukur kemampuan menanjak adalah berdasarkan besar dan kecilnya diameter ( jari – jari) roda atu ban ini berbanding terbalik dengan top speed mobil kamu, karena makin besar diameter roda maka akan makin besar top speed atau kecepatan maksimum yang dihasilkan mobil kamu.

Begitupun dengan ukuran makin kecil roda mobil kamu maka akan semakin sulit roda tersebut untuk melaju lebih cepat, jadinya tergantung pilihan kamu juga, apakah maunya yang melaju dengan cepat atau bisa menajak di jalanan tanjakan, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Memiliki mobil sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat yang memiliki aktivitas rutin yang harus bepergian jauh, atau kesibukan tinggi yang menyebabkan saat bepergian memerlukan barang bawaan yang banyak atau bahkan harus sejenak beristirahat di perjalanan.

Pastikan melakukan survey terlebih dahulu, saat hendak membeli dan memilih mobil, sesuai preferensi dan kebutuhan, utamakan mobil yang siap dengan segala medan, mudah perawatan, ketersediaan suku cadang, dan tentunya kuat, tangguh baik mesin ataupun bodinya, persiapkan dokumen sebelum menempuh perjalanan, dan pastikan sudah memiliki asuransi mobil tlo atau asuransi mobil comprehensive.(Arm)