PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Memulai bisnis dropship

Bisnis  |  16 June 2022  |   113 Pengunjung

Memulai bisnis dropship

Bisnis  |  16 June 2022 Memulai bisnis dropship

Pernah berpikir untuk menjajal ide bisnis online dengan cara menjadi dropshipper tapi tidak tahu dari mana harus memulainya? Atau, Anda tertarik untuk mencoba cara menghasilkan uang dari internet dengan menjalankan bisnis dropship tapi belum paham konsepnya?

Pengertian Dropship
Dropship adalah sistem penjualan di mana dropshipper menjual produk dari supplier langsung ke pembeli tanpa harus menyetok barangnya dulu. Proses pengemasan dan pengiriman ke pelanggan nantinya dilakukan oleh pemasok, tapi nama pengirimnya menggunakan nama Anda sebagai dropshipper.

Apa itu dropshipper? Dropshipper adalah pihak yang berperan sebagai penjual, menjadi perantara bagi konsumen dan pemasok dalam proses jual-beli produk. Jadi, bisnis dropship adalah sebuah model bisnis yang dijalankan dengan cara menjual produk milik pemasok dengan harga yang lebih tinggi, tapi pengirimannya menggunakan nama Anda.

Begini cara kerja dropship jika Anda menjadi dropshipper:

  • Anda menaikkan harga dari supplier.
  • Pelanggan membeli produk kepada Anda.
  • Anda memesan produk kepada supplier.
  • Supplier mengirim produk ke pelanggan.
  • Anda menerima keuntungan.

Terlepas dari menjamurnya dropshipping, bisnis dropship memiliki keuntungan dan tantangan tersendiri yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum berkecimpung di dunia drop shipping.

Riset pasar cari supplier
Setelah menentukan akan menjual produk seperti apa, cara menjadi dropshipper selanjutnya adalah melakukan riset dan menentukan supplier yang tepat. Kumpulkan data beberapa supplier lebih dulu, lalu lihat perbandingannya dari segi kredibilitas, kebijakan perdagangan, dan kualitas produk yang ditawarkan.

Pastikan supplier tidak berisiko bagi bisnis Anda. Anda pun harus meyakinkan supplier bahwa Anda bisa menjadi mitra bisnis yang hebat. Dengan kata lain, relasi antara Anda dan supplier harus saling menguntungkan.

Pasang harga penjualan
Kemudian, kalau Anda sudah tahu produk apa yang akan dijual dan menentukan supplier tempat Anda akan membeli produk, sekarang saatnya Anda menetapkan harga jual produk tersebut. Lakukan riset dan cari tahu harga yang ditetapkan oleh para pesaing yang menjual produk yang sama dengan Anda.

Jangan memberikan harga terlalu murah karena nantinya bisnis dropship Anda akan kurang menguntungkan. Namun, jangan juga menentukan harga yang terlalu tinggi karena nanti Anda akan kalah dengan kompetitor. Sebenarnya, ini juga ada hubungannya dengan supplier yang Anda pilih. Kalau Anda berhasil menemukan pemasok yang tepercaya dan berkualitas, harga yang Anda tentukan sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah, asalkan Anda bisa menjamin kualitas barang dan pengiriman dari pemasok tersebut.

Jual di Marketplace

Selain dengan membuat toko online sendiri, Anda juga bisa memulai cara menjadi dropshipper dengan memanfaatkan marketplace. Beberapa marketplace e-commerce, misalnya Dari Alibaba jual ke Amazon, menyediakan fitur yang memungkinkan Anda langsung menjadi dropshipper. Namun, jika memilih untuk memulai bisnis dropship melalui marketplace e-commerce, Anda juga harus mencari pemasok di marketplace tersebut. Caranya juga sangat mudah.

Setelah memasang iklan atau mempromosikan produk lalu ada pembeli yang memesan, Anda bisa mulai mencari barang di marketplace, checkout barang tersebut, mengisikan alamat pembeli sebagai penerima, lalu menggunakan fitur As Dropshipper agar alamat dan nama pengirim diganti menjadi nama Anda. Mudah sekali kan?

setelah tahu apa itu dropship dan cara kerjanya, Anda pasti sudah punya gambaran yang lebih jelas apabila ingin memulai cara menjadi dropshipper. Memang, layaknya bisnis pada umumnya, bisnis dropshipping juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Namun, kalau Anda bisa konsisten dan tekun dalam menjalaninya, bisnis droship yang Anda jalankan pasti akan berhasil. Untuk membantu Anda mengingat, di bawah ini kami meringkas beberapa hal penting yang sudah Anda baca di artikel ini.

  • Berikut cara menjadi dropshipper
  • Pilih produk untuk bisnis dropship
  • Riset dan tentukan supplier
  • Tetapkan harga penjualan produk
  • Buat website untuk bisnis Anda
  • Promosikan bisnis Anda
  • Jual produk melalui marketplace

Setelah bisnis berkembang pesat, anda patut memulai tahap selanjutnya sebagai reseller yang artinya anda harus mempunya stok barang sendiri, tentu anda membutuhkan tempat untuk penyimpanan seperti gudang, penyimpanan dan barang yang disimpan sangat berisiko merugikan apabila tidak di lindungi asuransi, gunakan layanan asuransi properti dari broker asuransi yang menyediakan berbagai macam pilihan produk asuransi terbaik dan terpercaya.(Arm)