PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Menjaga dan merawat hewan ternak

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  17 May 2022  |   121 Pengunjung

Menjaga dan merawat hewan ternak

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  17 May 2022 Menjaga dan merawat hewan ternak

Seringkali peternakan diklasifikasikan sebagai hewan unggas seperti bebek, itik, ayam, juga mamalia seperti domba, sapi, babi, kambing dan lainnya, meski begitu terdapat hewan ternak lain,
seperti ikan atau reptil, khusus reptil memang tidak semua diperjual belikan dan untuk konsumsi.

Terdapat cara dan perawatan khusus untuk hewan ternak, dengan pola makan, konsumsi vitamin untuk kebutuhan nutrisinya, selain itu apa saja ?

  1. Kandang Ternak
  2. Peralatan
  3. Kebersihan dan Kesehatan
  4. Pakan Sehat
  5. Asuransi Hewan Ternak 

Kandang Ternak 
Hal yang paling utama, saat merencanakan untuk memulai bisnis peternakan adalah, rumah dari hewan ternak tersebut, yaitu kandang ternak, bisa dengan memulai dengan membuat kandang tertutup,ataupun yang terbuka dengan rumput liar dan dipagari, baik pagar kayu atau kawat, buatlah sedikit area hewan ternak untuk berteduh.

Begitupun dengan kandang ternak tertutup, pastikan terdapat saluran air dan udara yang sehat, kemudian, jumlah hewan dikandang tersebut harus seimbang dan tidak membuat penghuninya berdesakan, hingga berkelahi, karena rawan menyebabkan hewan ternak menjadi stress.

Peralatan 
Terpenting untuk dimiliki sebagai sarana untuk perawatan dan menjaga hewan ternak, setelah memiliki kandang ternak, peralatan lengkap bisa saja termasuk alat makan, alat pembersihan, termasuk alat pelindung diri untuk mengambil telur atau memerah susu, hingga alat suplai makan dan minum ternak.

Selain peralatan manual, sebagai pemilik peternakan, anda bisa mengeluarkan budget untuk peralatan semi otomatis seperti pemerah, alat penghangat ruangannya saat musim hujan tiba, dengan teknologi yang mengautomatisasi pekerjaan manualmu.

Kebersihan dan Kesehatan 
Kebersihan kandang, selain nyaman dan layak dikunjungi untuk para calon pembeli ataupun investor, juga bisa menjaga kesehatan fisik maupun mental peternak agar tidak stress maupun terkena penyakit akibat kotornya tempat tinggalnya, seperti virus ataupun bakteri.

Perhatikan juga kesehatannya, belajar dari peternak berpengalaman, seringkali menerima saran dari dinas peternakan daerah atau ahli gizi, atau dokter hewan, atau bahkan tingkat pedesaan seperti dukun hewan, yang bisa memberikan vitamin atau jamu untuk hewan ternak, selain menjaga kesehatannya, nutri untuk proses persalinan atau bertelurnya hewan ternak akan sangat menguntungkan pemilik ternak.

Pakan Sehat 
Jika ingin peternakan anda menguntungkan dan menghasilkan kualitas ternak yang layak dikonsumsi dan laris dipasaran, maka memberikan pakan kualitas baik secara teratur, adalah yang utama, pemberian pelet pakan jagung untuk hewan unggas, atau rumput segar untuk hewan mamalia setiap harinya

Siapkan peralatan berupa wadah yang bersih yang setiap saat dapat digunakan saat berkeliling memberikan pakan dan dicuci kembali, setelah digunakan, jangan lupa juga bersihkan kandang setelahnya.

Asuransi Hewan Ternak
Hewan ternak, yang menjadi pekerjaan harian anda apalagi menjadi bisnis anda, pastikan terlindung dari kerugian secara finansial, seperti kematian, penyakit atau tercuri dari pihak tidak bertanggung jawab, kini sudah tersedia dipasar dan dapat dibeli secara online.

Percayakan pembelian asuransi hewan ternak melalui broker asuransi terpercaya, dengan menghubungi customer service dan jadwalkan untuk diskusi mengenai kebutuhan asuransi hewan ternak untuk usaha atau bisnis ternak anda.

Dengan melakukan upaya-upaya diatas, maka bisnis peternakan anda akan tumbuh dan menjadi lebih baik dari sebelumnya, sehingga anda bisa lebih fokus memikirkan perluasan bisnis ternak agar semakin mendapat keuntungan lebih besar.(Armin)