PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Berencana Memelihara Reptil? Berikut Beberapa Tips Untuk Merawatnya


Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  07 March 2022  |   1520 Pengunjung

Berencana Memelihara Reptil? Berikut Beberapa Tips Untuk Merawatnya

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  07 March 2022 Berencana Memelihara Reptil? Berikut Beberapa Tips Untuk Merawatnya

Berencana Memelihara Reptil? Berikut Beberapa Tips Untuk Merawatnya

Reptil merupakan jenis hewan vertebrata berdarah dingin yang memiliki sisik di sekujur tubuhnya. Namun, ada beberapa jenis reptil yang aman untuk dipelihara, seperti penyu, kura-kura, iguana, dan tokek. Metode penrawatan berbeda untuk setiap jenis. Kesalahan perawatan dapat merugikan reptil, seperti penyakit dan stunting. Berikut cara mudah dan akurat dalam memelihara reptil.

Mengetahui Karakter dan Tingkah Laku Reptil

Reptil adalah hewan yang unik. Meski memiliki ciri merangkak dan sama-sama masuk dalam kelas reptil, beberapa spesies reptil ini memiliki karakter dan perilaku yang berbeda. Agar tidak salah dalam merawat reptil, Anda perlu mengetahui sifat dan perilaku reptil yang akan Anda miliki.

Mengetahui ciri-ciri reptil akan membantu Anda merawat reptil. Selain itu, mengetahui temperamen reptil juga akan membantu Anda menghindari serangan berbahaya dari reptil yang Anda pelihara. Anda dapat memperoleh informasi tentang sifat reptil yang sama dari banyak komunitas reptil atau mencarinya dengan menjelajahi Internet.

Sementara itu, mengetahui perilaku reptil akan membantu Anda mempelajari kebiasaan tidur dan buang air besar Anda. Bahkan jika Anda memiliki banyak spesies reptil yang berbeda dalam urutan yang sama, perilaku antar spesies tidak dapat digeneralisasi. Misalnya, Anda memiliki king kobra dan ular lonceng. Meskipun kedua spesies ular, mereka memiliki perilaku yang berbeda antara spesies ini.

Penyediaan Kandang

Reptil yang biasanya hidup di akuarium. Sebuah vivarium adalah wadah buatan yang dibentuk menyerupai habitat asli hewan. Ada berbagai bentuk vivarium. Itu bisa beradaptasi dengan tubuh reptil peliharaan.

Vivarium itu juga membutuhkan kehangatan dan kebohongan. Kadal dan ular membutuhkan panas untuk mencerna makanan dan tetap aktif. Reptil suka membaur, sehingga menempatkan ornamen seperti tanaman, batu, dan ranting akan membuat reptil betah. Ini juga menyediakan kawasan lindung di mana reptil dapat bersembunyi di pembibitan.

Vivarium cukup dibersihkan secara rutin seminggu sekali. Namun, saat makan dan minum, mangkuk harus dibersihkan setiap hari. Reptil sangat rentan terhadap parasit, sehingga kebersihan sangat penting bagi mereka.

Pemberian Makanan

Reptil seperti kadal dan ular membutuhkan makanan yang bergizi untuk membantu mengatasi masalah kesehatannya. Ular biasanya bisa memakan tikus mati atau beku. Tikus adalah tikus yang seukuran dengan tubuhnya. Setidaknya ular bisa memakan satu hingga beberapa tikus.

Meskipun kadal adalah omnivora yang bisa memakan banyak jenis makanan. Mereka dapat diberi makan dengan buah-buahan, sayuran, jangkrik, siput dan kecoak. Selain itu, air tawar harus selalu tersedia untuk hewan reptil.

Kesehatan

 

Reptil sangat rentan terhadap parasit. Penting untuk memperhatikan diet dan kebersihan ruang tamu. Reptil dapat menularkan penyakit seperti infeksi bakteri ke inangnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang, membersihkan atau memberi makan.

Setiap hewan membutuhkan setidaknya satu pemeriksaan dokter hewan untuk mengurangi risiko penyakit serius yang tidak diketahui. Namun, penyakit tulang metabolik sangat umum terjadi. Ini karena kekurangan kalsium dalam makanan atau radiasi ultraviolet yang tidak mencukupi. Tanda-tanda termasuk tulang bengkok, ekor bengkok, kelemahan dan kesulitan mengangkat.

Jemur secara rutin

Seperti yang kita ketahui, reptil adalah hewan berdarah dingin yang tidak dapat menghasilkan panas tubuh sendiri. Oleh karena itu, agar tidak mengganggu metabolisme, perlu dilakukan pengeringan setiap pagi antara pukul 09.00-11.00. Waktu pengeringan sendiri tergantung dari hewan yang akan dikeringkan. Ular, misalnya, bisa dijemur selama 10-15 menit.

Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Meski Anda memiliki anak yang sudah berusia di atas lima tahun, Anda harus tetap menjaga dari jangkauan anak-anak dengan hewan reptil. Bagaimana pun juga, anak-anak tak cukup baik berhadapan dengan reptil karena rasa ingin tahunya yang tinggi. Bila memang reptil adalah hewan yang menarik bagi anak-anak, bimbinglah anak Anda untuk mengenal reptil dalam pengawasan Anda.