PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Cara Jitu Menghadapi Sidang Skripsi dengan Tenang


Umum  |  02 March 2022  |   1243 Pengunjung

Cara Jitu Menghadapi Sidang Skripsi dengan Tenang

Umum  |  02 March 2022 Cara Jitu Menghadapi Sidang Skripsi dengan Tenang

Cara Jitu Menghadapi Sidang Skripsi dengan Tenang

Bagi Anda yang saat ini sedang mengejar gelar sarjana, mungkin Anda pernah merasa stres saat merevisi skripsi. Perasaan tegang dan gugup ini berhasil menyebarkan apa yang telah disiapkan di depan profesor penguji. Nah, bagi Anda yang sedang menghadapi sidang skripsi, tidak perlu tegang lagi. Jangan sampai Anda mengulang tesis percobaan. Atau nilai proses skripsi Anda mengalami penurunan. Karena ada cara agar review disertasi lancar dan mudah. Cara ini akan mempersiapkan Anda secara fisik dan mental untuk melewati tahap akhir penambahan gelar sarjana di belakang nama Anda.

Berikut ini adalah panduan tentang cara menyelesaikan tesis Anda dengan aman.

1. Sangat Memahami Materi Skrpisi

Ini adalah poin utama agar Anda dapat dengan tenang melewati tes Skripsi. Karena, sama seperti saat ujian, kamu pasti akan mendapat banyak pertanyaan dari penguji. Nah, untuk dapat menjawab dengan baik tentunya Anda harus memahami materi skripsi Anda dengan baik. Tentu saja, Anda tidak perlu menghafal kalimat demi kalimat. Cukup pahami poin-poin penting dari disertasi. Dari bawah hingga finish terakhir. Agar tidak lupa ketika Anda berdiri menghadap penguji, ada baiknya Anda membuat catatan singkat tentang poin-poin penting dari pekerjaan Anda. Sehingga Anda bisa lebih percaya diri saat menghadapi para evaluator.

2. Tidur yang cukup malam sebelum sidang Skripsi

Jangan pernah tidur larut malam sebelum sidang Skripsi. Anda harus mengamatinya dengan penuh disiplin. Jika Anda tidak ingin tes akhir kotor. Karena kurang tidur akan membuat Anda sulit berkonsentrasi. Anda tidak hanya harus fokus pada presentasi, tetapi Anda tidak bisa fokus menjawab soal-soal ujian. Selain itu, tidur larut malam juga memperburuk kondisi fisik. rentan terhadap kelumpuhan. Ketika Anda berdiri di depan penguji, Anda harus bugar 100%, bukan? Jadi pastikan Anda cukup tidur. Jadi Anda bisa bangun pagi dan siap untuk ujian ini.

3. Latihan berbicara di depan teman

Untuk dapat berbicara dengan tenang sebelum tes memori, Anda dapat melakukan latihan berbicara di depan umum. Setidaknya Latihan ini dapat membantu Anda memberikan materi yang mudah dipahami oleh peserta tes. Bagaimana cara berlatih? Anda bisa memulainya dengan berlatih di depan cermin. Tentunya bersamaan dengan materi yang anda sampaikan. Langkah kedua, Anda bisa meminta teman Anda untuk menghargai cara Anda berbicara di depan banyak orang. Minta mereka untuk mencari celah dalam gaya Anda saat mengirimkan makalah tesis. Dengan cara ini Anda akan lulus ujian dengan lebih percaya diri. Apalagi jika dikaitkan dengan pemahaman yang lebih mendalam terhadap isi disertasi Anda.

4. Tiba lebih awal

Selain sarapan mutlak di hari-H, Anda harus tiba terlebih dahulu. Jangan sampai terlambat, biar lebih larut. Ketika Anda terlambat, yang ada di pikiran Anda adalah panik. Tiba lebih awal untuk tetap tenang selama periode peninjauan grafik. Misalnya, sidang Anda dijadwalkan pada jam 9 pagi, jadi pastikan Anda berada setidaknya 30 menit sebelum kampus. Dengan datang lebih awal, Anda telah membantu diri Anda untuk lebih tenang dalam menghadapi ujian tesis. Anda juga akan lebih siap untuk membuat presentasi yang bagus.

7. Periksa semua peralatan

Sekarang Anda akan tiba lebih awal dari yang direncanakan dan memiliki waktu untuk memeriksa peralatan yang ingin Anda gunakan. Dari laptop, ke file pekerjaan rumah Anda, hingga proyektor yang menampilkan presentasi Anda. Pastikan semuanya baik-baik saja. Sambungan dari laptop ke proyektor lancar tanpa masalah. Ini termasuk handout yang telah Anda siapkan untuk penguji. Bahkan jika ada masalah, Anda masih punya waktu untuk menyelesaikannya. Alhamdulilah seluruh tim siap menemani anda dalam "bertarung" di depan para pembaca ujian.

8. Selalu jaga kesehatan Anda

Setelah Anda memiliki rencana disertasi, Anda pasti akan bekerja keras untuk menjernihkan semua masalah yang berhubungan langsung. Anda mungkin sibuk, tetapi jangan biarkan pola makan dan istirahat mengacaukan Anda. Jaga kondisi tubuh Anda. Jika Anda perlu mengonsumsi multivitamin untuk membantu Anda tetap bugar. Satu hal yang pasti, sebelum proyek kelulusan, jangan memaksakan tubuh Anda hingga batasnya. Minum banyak air adalah salah satu cara termurah untuk tetap bugar. Selain makan makanan yang sehat dan bergizi tentunya. Ditambah istirahat yang cukup.

9. Doa dan Izin Orang Tua

Anak laki-laki itu tidak berhasil kecuali dalam doa orang tuanya. Jadi pastikan untuk menyapa kedua orang tua yang sedang mengikuti ujian skripsi. terutama kepada ibu. Mintalah mereka untuk mendoakan kesuksesan Anda dalam proses tesis. Karena doa orang tua untuk anaknya adalah doa yang selalu dikabulkan Tuhan. Tentu saja Anda masih berdoa untuk diri Anda sendiri. Karena sebagai manusia Anda harus berusaha. Hasil akhirnya tetaplah Tuhan yang mengambil keputusan.