PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Cara dan Langkah Budidaya Lobster untuk pemula


Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  09 February 2022  |   1559 Pengunjung

Cara dan Langkah Budidaya Lobster untuk pemula

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  09 February 2022 Cara dan Langkah Budidaya Lobster untuk pemula

Cara Dan Langkah Budidaya Lobster Untuk Pemula

Budidaya lobster membutuhkan ketekunan, peluang untuk mendapatkan hasil yang baik masih tinggi, karena tingkat layanannya tidak sulit. Berikut ini adalah cara budidaya lobster air tawar dan langkah-langkahnya

1. Siapkan kolam lobster air tawar.

Ada banyak tempat yang bisa Anda manfaatkan untuk membudidayakan lobster air tawar, Anda bisa menggunakan akuarium atau kolam. Dimensi ideal adalah 200 x 200 x 50 cm untuk anakan lobster dan 1 ekor, 2 x 1 x 0,5 m untuk 1000 benih lobster. Pastikan kolam bebas dari zat yang dapat mencemari air. Untuk itu, disarankan agar kolam berada di tempat yang sejuk, seperti di bawah pohon atau di dalam ruangan. Air yang digunakan untuk membudidayakan lobster juga harus kaya oksigen, sehingga harus dipasang pompa air untuk menjaga sirkulasi air.

2. Terpilih sebagai penghasil lobster

Pemilihan tempat penetasan lobster yang tepat sangat penting untuk menghasilkan lobster air tawar yang baik dan memaksimalkan keuntungan. Lobster air tawar yang siap bertelur ditangani oleh produsen yang berusia di atas 6 bulan, panjang minimal 10 cm dan memiliki bentuk tubuh ideal untuk kedua jenis kelamin.

3. Menangani Lobster Selama Pemijahan

Pemandian khusus diperlukan untuk proses pemijahan. Tergantung pada ukuran dan kepadatan lobster, Anda dapat menyesuaikan ukuran bak. Biasanya ada 12 skin pack dan 3 female pack. Tingkat kepadatan lebar kolam pemijahan yang ideal adalah 35 ekor/ m2;. Pemberian pakan juga harus dilakukan 2 kali sehari dengan dosis 3% dari total biomassa dalam sehari Selanjutnya, Anda tinggal menunggu selama 23 minggu sampai terjadi proses kawin.

4. Menangani Lobster di Tangki

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah pembibitan. Tangki penangkaran harus disesuaikan dengan umur lobster di habitat aslinya, terutama dalam hal kedalaman, tekanan air, suhu dan keasaman. Setelah semua persiapan ini selesai, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, budidaya air tawar. Lobster goreng atau lobster muda ditempatkan dalam wadah penetasan sampai berumur 715 hari. Beri makan ulat sutera, cacing beku, atau pelet udang dua kali sehari. Bila sudah melewati usia 715 hari, lakukanlah penjarangan kepadatan dengan kerapatan sekitar 2050 ekor/ m2;.

5. Pemindahan Bibit Lobster dari Bak Pendederan ke Kolam Pembesaran

Setelah pendederan sudah selesai, maka bibit lobster air tawar bisa Anda pindahkan ke kolam yang lebih besar. Namun, lobster baru bisa bermigrasi setelah seminggu setelah mengisi kolam dengan air. Juga, siapkan tempat berlindung yang cukup untuk jumlah lobster yang bergerak.

6.  Perawatan kolam lobster air tawar

Memelihara kolam lobster air tawar sangat bervariasi tergantung dari jenis kolamnya.  Untuk kolam dengan terpal, ganti air setiap 23 hari dan pastikan terpal kedap bocor dan saluran air dapat dipelihara dengan baik untuk menjaga tekanan dan kualitas air kolam. Berbagai tempat persembunyian di kolam juga sebaiknya dibersihkan secara rutin. Sedangkan untuk kolam tanah, Anda juga harus rutin menggantinya setiap 23 hari sekali agar kualitas air bisa tetap terjaga. Pastikan kualitas air kolam terjaga dari kekeruhan, oksigen dan juga tekanannya. Jangan lupa juga untuk membersihkan tempat persembunyian lobster.

7. Perawatan dan pemberian makan lobster air tawar

Tentu saja ada cara berbeda untuk merawat dan memberi makan lobster air tawar kecil dan lobster air tawar yang lebih besar. Untuk udang karang kecil, perhatian lebih harus diberikan pada pemberian makan. Pada umumnya lobster muda dapat diberi makan sayur, cacing atau pelet pada pagi dan sore hari. Caranya adalah dengan mendistribusikan pakan secara merata di seluruh kolam. Bisa menyajikan lobster air tawar ukuran besar, cacing, kecambah atau pelet khusus lobster yang dicampur dengan wortel atau tuna, pellet, combo pellet tubeworm atau pakan buatan seperti pellet tuna dan tubifex. Pemberian Makanan: Semprotkan makanan ke kolam dengan hati-hati.

8. Waktu Panen Lobster Air Tawar

Benih mencapai 12 cm dan tidak dapat dikumpulkan sampai umur 20 hari. Untuk budidaya lobster air tawar, lobster yang dibudidayakan selama 6-8 bulan dengan berat minimal 100 gram dapat dipanen. Namun ukuran lobster air tawar ini bisa disesuaikan dengan permintaan pasar.