PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Pengertian dan Jenis Asuransi Perjalanan


Pariwisata  |  08 February 2022  |   1596 Pengunjung

Pengertian dan Jenis Asuransi Perjalanan

Pariwisata  |  08 February 2022 Pengertian dan Jenis Asuransi Perjalanan

Pengertian dan Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan sudah hampir tidak asing lagi di telinga Anda. Bahkan, mungkin sebagian dari kita sudah memilikinya. Tapi bagaimana dengan asuransi perjalanan? Banyak orang yang tidak mengetahui detail dari jenis asuransi ini dan sering meremehkannya. Padahal, asuransi ini sangat penting saat Anda pergi berlibur atau perjalanan bisnis.

Asuransi perjalanan jelas berbeda dengan asuransi kecelakaan. Hal ini karena ketika Anda membeli asuransi ini, Anda secara otomatis mendapatkan asuransi kecelakaan, yang biasanya merupakan bagian dari asuransi jiwa Anda. Bahkan, ada juga asuransi perjalanan yang saat ini mengcover COVID19. Namun, membeli asuransi kecelakaan saja tidak serta merta memberikan perlindungan langsung dari segala risiko dan kejadian yang tidak menyenangkan seperti kehilangan bagasi, sakit, keterlambatan penerbangan, dan lain-lain yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Asuransi Perjalanan adalah asuransi yang jarang diketahui orang. Asuransi perjalanan diprioritaskan bagi orang yang sedang bepergian dan yang suka bepergian. Bahkan setelah pandemi dimulai, ada asuransi perjalanan yang melindungi COVID-19. Asuransi perjalanan juga dapat melindungi Anda dari segala risiko dan hal-hal tidak menyenangkan yang mungkin timbul selama perjalanan Anda, seperti kehilangan bagasi, sakit, keterlambatan penerbangan, dll.

Periksa jenis asuransi perjalanan berikut sebelum membeli asuransi ini!

1. Asuransi sesuai dengan tujuan perjalanan

Asuransi dibagi menjadi dua jenis, asuransi liburan dan asuransi bisnis, tergantung pada tujuan perjalanan. Umumnya, asuransi bisnis atau pekerjaan ditawarkan dengan premi yang lebih tinggi karena risiko yang lebih tinggi.

2. Asuransi Perjalanan

Itu tergantung pada tempat perjalanan (termasuk darat, laut, udara), asuransi domestik atau domestik dan asuransi asing. Asuransi dalam negeri adalah asuransi yang memberikan pertanggungan untuk perjalanan dalam negeri dan asuransi luar negeri adalah asuransi yang memberikan pertanggungan perjalanan untuk perjalanan dalam dan luar negeri. Besaran premi juga tergantung pada tujuan perjalanan Anda. Asuransi luar negeri dengan tujuan seperti Eropa, Australia dan AS tentu memiliki premi yang tinggi. Ada juga asuransi luar negeri khusus seperti asuransi haji dan umrah yang juga bernilai tinggi.

3. Total asuransi

Asuransi perjalanan dibedakan menjadi asuransi perjalanan untuk individu dan asuransi perjalanan untuk kelompok. Tentu saja, asuransi kelompok lebih murah dan lebih murah daripada asuransi individu.  Biasanya jenis asuransi ini digunakan oleh biro perjalanan atau sekolah dan universitas yang membawa rombongan berlibur.

4. Asuransi sesuai periode perjalanan

Ada dua jenis asuransi perjalanan: asuransi perjalanan satu kali (one-way travel insurance) dan asuransi untuk semua perjalanan selama satu tahun atau jangka waktu tertentu (asuransi perjalanan tahunan). Jika Anda sering bepergian selama satu tahun berturut-turut, Anda harus membeli asuransi perjalanan tahunan untuk mendapatkan premi yang lebih rendah. Di sisi lain, jika Anda hanya bepergian sekali, Anda tidak perlu membeli asuransi perjalanan tahunan untuk menghemat lebih banyak.

Asuransi perjalanan merupakan jenis asuransi yang memberikan ganti rugi jika terjadi risiko dalam perjalanan selama nasabah bepergian. Proteksi travel insurance cocok tertanggung yang berencana melakukan perjalanan ke negaranegara Eropa. Sebab proteksi asuransi tersebut menjadi salah satu dokumen wajib ketika mengajukan visa. Risiko yang ditanggung antara lain:

  • Pembatalan perjalanan
  • Keterlambatan bagasi
  • Mengalami kecelakaan selama perjalanan
  • Risiko lainnya yang merugikan selama perjalanan

Berikut ini ada beberapa manfaat asuransi perjalanan yang bisa didapatkan:

  • Kompensasi Kehilangan Bagasi
  • Kompensasi Kehilangan Paspor
  • Kompensasi Penundaan Penerbangan
  • Biaya Perjalanan Darurat
  • Biaya Medis
  • Biaya Evakuasi Medis
  • Santunan Kematian dan Disabilitas
  • Kompensasi Kerusuhan
  • Biaya Hukum
  • Pertanggungan Tambahan (Rider)