PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

4 Tips Kesejahteraan Finansial untuk Milenial


Finansial  |  24 January 2022  |   1137 Pengunjung

4 Tips Kesejahteraan Finansial untuk Milenial

Finansial  |  24 January 2022 4 Tips Kesejahteraan Finansial untuk Milenial

4 Tips Kesejahteraan Finansial untuk Milenial

Maraknya media sosial telah memunculkan generasi muda yang ingin menghasilkan uang secara instan di pasar keuangan. Tanpa  pengetahuan yang cukup, Anda dapat menghadapi kesulitan keuangan. Banyak anak muda  berharap menjadi  kaya atau gila kaya tanpa pengetahuan dasar tentang manajemen keuangan. jika Anda dalam kondisi keuangan yang baik, Anda memiliki langkah-langkah yang jelas seperti  tabungan, dana darurat, perlindungan, investasi”. Memenuhi kebutuhan sehari-hari atau financial basic.

 2022 masih merupakan awal tahun yang hangat dengan banyak mimpi, keputusan, dan tujuan baru untuk mengelola situasi keuangan kita dengan lebih baik. Tetapi tidak dapat disangkal bahwa terkadang pengeluaran mendadak menghalangi tujuan yang  Anda tetapkan.  Ricky Alexander Samosir, Manajer Humas Qoala, mengatakan memiliki posisi keuangan yang sehat merupakan salah satu keputusan yang ingin diambil banyak orang, terutama kaum milenial.

“Kesehatan finansial tentu menjadi tujuan semua orang. Selain meningkatkan kualitas hidup Anda, kesejahteraan finansial Anda juga menjadi faktor penentu peluang finansial Anda di masa depan. Dengan mengelola keuangan Anda sejak dini, Anda dapat menghindari risiko keuangan yang tidak diinginkan di masa depan, ”kata Rickey dalam siaran pers.

Menurut Rickey, berdasarkan studi Financial Fitness Index OCBC NISP, 85,6% generasi muda Indonesia berada dalam kondisi keuangan yang buruk dan hanya 16% yang memiliki anggaran  darurat. Menurutnya, mencapai kesejahteraan finansial tidaklah sulit. Milenial membutuhkan pemahaman dan pengetahuan yang tepat untuk memperbaiki situasi keuangan mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kesehatan keuangan para milenial di tahun 2022.

 1. Memahami konsep piramida keuangan.

Hal pertama yang perlu dilakukan kaum milenial adalah memahami cara kerja perencanaan keuangan  dan apa  yang harus dipersiapkan. Ricky menjelaskan, generasi millennial lebih baik mempelajari skema piramida  untuk mengetahui prioritas keuangan mereka. “Secara finansial, kita perlu tahu apa prioritas kita. Dari dana darurat hingga investasi, semuanya diatur sesuai dengan level piramida keuangan masing-masing,” kata Rickey.

 2. Kelola keuangan Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain memahami konsep struktur piramida

Anda perlu memahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Ini akan berguna nanti untuk memastikan bahwa uang yang Anda keluarkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tuliskan sebelumnya dan hitung pengeluaran kami secara akurat setiap bulan. Ini memungkinkan kami untuk mengidentifikasi pengeluaran penting dan opsional dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan pendapatan kami.”

 3. Gunakan Metode 50:30:20

Ricky mengatakan jika Anda ingin memaksimalkan keuangan Anda, Anda dapat menggunakan  rumus 50:30:20 untuk  mengatur pengeluaran Anda. Metode ini membagi laba bersih menjadi tiga bagian. Anda harus menyisihkan 50% dari penghasilan Anda untuk pengeluaran harian dan  tagihan wajib. Habiskan 30% penghasilan Anda untuk hiburan dan kebutuhan lainnya agar Anda dapat mengatur keuangan dan tetap bersenang-senang. Terakhir “sisakan 20% dari penghasilan Anda untuk ditabung dan dinvestasikan. Seperti dalam bentuk dana darurat, dana asuransi, dana pensiun, dll.”

 4. Mempersiapkan Perlindungan Masa Depan

Salah satu aspek yang sama pentingnya dari perencanaan keuangan yang sehat adalah mendapatkan asuransi. Selain memberikan ketenangan pikiran, Ricky mengatakan asuransi memberikan keyakinan bahwa Anda dan aset Anda akan terlindungi di masa depan. “Jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi, Anda dilindungi. Asuransi di sini bukan hanya tentang kesehatan, bisa juga asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, asuransi rumah atau asuransi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda,” kata Ricky.