PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Mengelola Stress Untuk Kesehatan


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  28 December 2021  |   1054 Pengunjung

Mengelola Stress Untuk Kesehatan

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  28 December 2021 Mengelola Stress Untuk Kesehatan

Banyaknya beban pekerjaan, kesibukan, bermacam pikiran membuat hampir setiap orang mengalami stress, sayangnya, hal ini amat berbahaya jika terus dibiarkan sampai berlarut, sehingga, supaya stress tidak terus menerus yang mengganggu kesehatan, terdapat cara untuk mengelola stress.

Stress adalah hal yang biasa dialami, dalam situasi normal, stres juga bisa memberi dampak positif, seperti ketika harus menyelesaikan tugas sebelum deadline, maka rasa di buru stress dapat membantu pekerjaan lebih cepat selesai, meski begitu lebih banyak negatifnya yang ditimbulkan akibat stress.

Karenanya, akibat dari stress yang berlarut ini dapat memicu timbulnya penyakit, karena saat stress melanda, tubuh akan melepas hormon kortisol juga adrenalin yang membuat detak jantung semakin meningkat, dan hormon tersebut yang membuat tubuh merasa mudah lelah.

Ditambah lagi, saat mengalami stress, daya tahan tubuh orang akan menurun, sehingga tubuh akan kesulitan melawan bakteri ataupun virus yang masuk ke tubuh,
dari situlah penyakit berkembang, sehingga akan terjadi tumbuh kembang penyakit, apa saja ?.

  • Gangguan pencernaan, seperti iritasi usus besar, kolitis ulseratif, gastriris, dan GERD
  • Masalah pada kulit dan rambut, seperti rambut rontok permanen, eksim, psoriasis, dan jerawat
  • Disfungsi seksual, seperti ejakulasi dini, impotensi, dan hilangnya hasrat seksual
  • Gangguan menstruasi, juga memperparah gejala PMS
  • Obesitas dan gangguan makan lainnya
  • Penyakit kardiovaskular, seperti stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung
  • Gangguan mental, seperti kecemasan, depresi, dan gangguan kepribadian
  • Sakit kepala
  • Gangguan tidur

Maka, supaya stress tidak berlanjut dan menjadi penyakit, diperlukan aktifitas positif agar dapat mengendalikan stress dengan baik, biasanya untuk melewati stress, diperlukan untuk menggali dari penyebab stress itu sendiri, namun apabila masih sulit untuk penanggulangannya, terdapat kiat seperti dibawah ini :

Olahraga

Kegiatan positif satu ini amat bermanfaat bagi fisik, selain dapat meningkatkan daya tahan dan mengencangkan otot, dapat juga meredakan stress, karena otot dan pikiran dapat lebih rileks, serta pikiran kusut akan teralihkan, maka dapat memperbaiki suasana hati.

Meditasi

Meditasi atau gerakan yoga, dapat meringankan beban pikiran stress, cukup lakukan 15 - 20 menit sehari, sebanyak 4 sampai 5 kali dalam seminggu, dengan menenangkan pikiran, maka hormon kortisol penyebab stress akan menurun dan pikiran lebih tenang.

Lakukan Hobi

Hal-hal yang menyenangkan seperti melakukan hobi, seperti berkendara, memasak, bernyanyi atau mendengarkan musik, juga dapat menjadi alternatif self healing.

Ungkapan Perasaan

Ungkapkan segala apa yang anda rasakan, mulai dari hal ringan hingga terberat sekalipun, meskipun itu aib, dapat percayakan cerita kepada orang terdekat, atau bantuan profesional seperti psikolog.

Fokus Target

Apabila penyebab stress bukan berasal dari fokus utama target anda, maka lebih memfokuskan diri dan pikiran terhadap hal utama, akan mengalihkan dan perlahan akan membantu anda melupakan penyebab stress.

Jangan sampai merasakan stress berkelanjutan, karena hal ini bisa menjadi depresi yang berujung pada segala penyebab munculnya penyakit kronis, jika hal diatas masih kurang membantu, bantuan profesional adalah salah satu solusi terbaik.

Untuk menjaga diri dan keuangan di masa mendatang dari penyakit kronis yang dapat menguras keuangan, percayakan pada jasa asuransi kesehatan, melalui pialang asuransi terpercaya.(Arm)