PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Mengatasi Mobil Yang Terjebak Banjir


Otomotif  |  23 December 2021  |   1297 Pengunjung

Mengatasi Mobil Yang Terjebak Banjir

Otomotif  |  23 December 2021 Mengatasi Mobil Yang Terjebak Banjir

Mengurus mobil yang sedang terjebak bahkan terendam banjir memang teramat menyulitkan, tapi tetap harus perlakukan sebaik mungkin, supaya kendaraan yang terjebak dapat digunakan lagi.

Banjir adalah sebab dari suatu kejadian alam, termasuk juga bencana yang tidak bisa dihindarkan, terlebih ketika hujan deras dengan curah hujan tinggi dan durasi yang terus menerus.

Saat banjir melanda, banyak diantara barang-barang dari para penduduk termasuk hewan peliharaan atau ternak mengalami kesusahan, bahkan mobil yang banjirpun juga banyak terjebak dan tidak jarang terseret arus deras di wilaya perkotaan maupun pedesaan.

Mengatasi Mobil Terendam Banjir

Yang harus dilakukan pertama kali adalah, melepas kabel-kabel kelistrikan, yaitu aki, guna menghindari korsleting pada mobil, kabel aki jelas amat erat hubungannya dengan elektronik dan elektrikal di dalam mobil.

Sesegera mungkin harus dicabut, karena yang seperti ini akan memperparah kerusakan mobil anda, apalagi jika mobil anda adalah keluaran terbaru, yang paling banyak memiliki transmisi dengan jaringan listrik.

Dorong Mobil

Tentunya kita harus berupaya  meminggirkan mobil, terlebih ketika mobil terjebak macet saat berada diposisi tengah jalan, atau ke tempat yang lebih aman, sebaiknya agar tidak menyalakan mesin mobil, cukup di dorong saja.

Pengeringan

Selain kelistrikan, terdapat area yang amat sakral untuk segera dikeringkan seperti air filter, alternator, koil, delco kabel, karburator dan busi, karenanya, perangkat pengapian ini jelas rawan rusak apabila terendam banjir, dengan segera mengeringkan akan meminimalisir risiko rusak parah.

Lepas Rem Tangan

Rem tangan harus segera dilepas agar rem kanvas tidak lengket, karena kondisi ini sama halnya seperti saat mobil tidak dipakai, tentunya gear harus netral, yang berguna menstabilkan mesin saat akan dipakai kembali.

Alternatif agar mobil tidak terseret arus banjir, dapat memakai batu untuk ganjalannya, atau bila terpaksa masukkan ke gigi satu, hanya dapat untuk mobil manual tentunya.

Towing Car

Bagi anda pengguna mobil matic, segera hubungi mekanik atau bengkel resmi terpercaya yang tersedia juga montir profesional guna mengecek mobil, biasanya, mereka akan melakukan check-up terhadap mobil anda.

Apabila anda berlangganan towing car, dapat memanfaatkan layanan fasilitas tersebut, jika anda membeli asuransi mobil di asuransiku.id tentu layanan towing car bisa didapatkan secara cuma-cuma dan dapat memanggilnya melalui customer service.

Hal diatas adalah tips dasar untuk mengamankan mobil yang terjebak atau terendam banjir, untuk penanganan lebih tepatnya menyerahkan pada teknisi bengkel, pihak bengkel akan melakukan check-up dan menganalisa treatment yang tepat perbaikan.

Guna meminimalisir kerugian yang membesar untuk perbaikan mobil pasca banjir, ada baiknya mengantisipasi dengan asuransi kendaraan bermotor.(Arm)