PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Bahaya Gula Berakibat Penuaan Dini


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  21 December 2021  |   920 Pengunjung

Bahaya Gula Berakibat Penuaan Dini

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  21 December 2021 Bahaya Gula Berakibat Penuaan Dini

Terlalu banyak mengkonsumsi gula, umumnya dapat membuat gigi berlubang serta peningkatan risiko diabetes, tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit, yaitu penuaan dini.

Terlalu banyak konsumsi gula, dapat memicu terjadinya glikasi dalam tubuh, proses ini adalah kelebihan gula yang menyatu dengan protein, sehingga menjadikan satu komponen yang disebut Advanced Glycation end Products atau AGES.

Karenanya komponen AGES kebanyakan dapat dengan mudah merusak kolagen dan elisitas kulit, padahal keduanya berguna mengencangkan kulit, menjaganya tetap lembab elastis serta tampak awet muda, apabila kolagen dan elastin dikulit rusak, tentu dapat menyebabkan kerutan dan mengendurnya kulit.

Penyebab lainnya adalah dibanding sekelompok orang yang lebih banyak mengkonsumsi protein, pengguna karbohidrat yang sebagai sumber gula, dapat membuat orang yang rajin mengkonsumsi karbohidrat lebih banyak kerutan dikulit.

Makanan dengan kadar gula tinggi, tidak selalu dominan rasa manis, makanan tinggi karbo seperti nasi putih, roti tawar, juga mengandung indeks glikemik tinggi, apa itu indeks glikemik ?

Indeks glikemik adalah parameter yang memiliki penyebaran karbo yang diproses dalam tubuh menjadi gula, maka semakin tinggi nilai Indeks Glikemiknya akan semakin buruk dalam tubuh.

Minuman sodapun juga sama bahayanya, yang dapat memicu penuaan dalam kulit, selain tingginya gula yang membahayakan  tubuh, tingginya soda dan kafein dapat mengganggu siklus tidur.

Bahkan dengan kurangnya jam tidur, juga dapat dengan cepat menyebabkan keriput di kulit.

Alternatif Makanan Manis

Makanan manis dengan kadar gula tetap dapat dikonsumsi dengan porsi normal, adapun alternatifnya adalah seperti dark chocolate, makanan buah manis, atau bisa juga mengkonsumsi gula jagung sebagai pengganti gula tebu untuk minuman.

Makanan penyeimbang bagi penyuka makanan+minuman kadar gula tinggi juga dapat di konsumsi, seperti ikan, buah semangka, sayur hijau seperti brokoli, bayam, daun pepaya dan lain-lain.

Menjaga diri dari nafsu makan-makanan berbahaya memang sulit dilakukan, maka ada baiknya di imbangi dengan makanan alternatif atau dengan rajin berolahraga, karena gula juga rawan mendatangkan penyakit serius, maka perlindungan diri dengan asuransi penyakit kritis adalah pilihan bijak.(Arm)