PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Sistem Akuntansi Untuk UKM

Finansial  |  15 December 2021  |   165 Pengunjung

Sistem Akuntansi Untuk UKM

Finansial  |  15 December 2021 Sistem Akuntansi Untuk UKM

Mengatur sistem keuangan khusus secara akuntabel untuk perusahaan kelas UKM (Usaha Kecil Menengah) dapat melakukan dan penyimpanan atas pencatatan pengeluaran dan pemasukan secara lengkap agar keuangan tercatata akurat, berdasar transaksi binis.

Tentu hal ini amat penting bagi pemilik usaha kecil, guna memantau keuangan, dan dapat secara efektif melacak baik bahan dari supplier atau kapan waktu-waku tertentu terjadinya transaksi.

Termasuk didalamnya membantu pemilik bisnis untuk pembuatan nota tagihan, pembayaran pajak, sampai pembayaran upah pegawai, simak tips berikut untuk membuat pembukuan akuntansi UKM.

Jurnal

Hal terpenting dari pondasi keuangan bisnis adalah dengan men-jurnal-kan keuangan, dengan pengurutan berdasar kronologis transaksi bisnis, termasuk untuk rekening bisnis yang mencatat kredit maupun debit, maka akan terdapat 2 jurnal, yaitu jurnal transaksi umum dan transaksi khusus.

Penyesuaian Neraca

Membuat neraca saldo guna menilai apakah total debit sama dengan total kredit, laporan keuangan akan dilacak dari buku besar (ledger) dan di atur di laporan, sehingga harus menyisakan nilai yang sama antara debit dan kredit.

Meski terjadi kesamaan debit dan kredit, bisa saja akan terjadi kesalahan yang disebabkan kelalaian pengguna atau dua kali input laporan ke jurnal keuangan.

Buku Besar

Apa itu Ledger? atau buku besar adalah sekumpulan daftar transaksi yang menampilkan perubahan yang terjadi dari setiap akun yang tercatat, dari transaksi masa lalu, bersamaan saldo di setiap akun.

Buat Rekening Berbeda

Tentunya untuk keuangan bisnis yang lebih teratur, diwajibkan memakai 2 rekening yang berbeda, antara keuangan pribadi dan keuangan perusahaan, agar lebih mudah mencatat keuangan.

Akrual

Metode akuntansi akrual memang sedikit berbeda dengan berdasar uang tunai, tapi justru kebanyakan bisnis memakai akutansi berbasis akrual untuk pencatatan transaksi, sehingga metode ini dapat efektif mencatat pemasukan saat terdapat penjualan dan pengeluaran saat melihat log transaksi.

Hal ini tentu terlepas dari apakah menerima pembayaran tunai ataupun non-tunai untuk layanan maupun produk anda, maka dengan akrual atau transaksi tunai, menggandakan sistem jurnal keuangan akan lebih baik untuk transaksi bisnis UKM anda.

Grafik

Apakah masih menggunakan pencatatan manual dengan software microsoft excel atau dengan software akuntansi, tentu dengan membuat laporan secara grafik, maka anda dapat menyusun laporan, me-review kemajuan dan melacak transaksi.

Karenanya, dengan cara ini dapat memberikan keputusan bagi anda, untuk menawarkan suatu promo kepada beberapa pelanggan, mulai dari sistem pembayaran atau kemudahan piutang bagi para pelanggan.

Sistem keuangan haruslah tercatat dengan rapi dan efektif, karena akan berpengaruh dengan performa bisnis anda, maka sebelum membuat konsep keuangannya, pastikan anda telah mempelajari dan merencanakan pola dan sistem keuangan anda.

Setelah bisnis berjalan lancar dan perencanaan keuangan bisnis anda mulai berjalan dengan baik, maka untuk melindungi keuangan dari kerugian besar yang tak terduga, persiapkan perlindungan aset anda dengan asuransi gangguan usaha.(Arm)