PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Menjaga Imun Untuk Ibu Hamil


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  13 December 2021  |   1046 Pengunjung

Menjaga Imun Untuk Ibu Hamil

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  13 December 2021 Menjaga Imun Untuk Ibu Hamil

Pandemi masih tampak belum akan berakhir, sehingga setiap orang harus terus memiliki persiapan dengan segala kemungkinan terburuk, karena bisa jadi varian Covid-19 omicron lebih ganas dari varian Delta.

Untuk mengantisipasi agar kemungkinan terburuk di masa mendatang bisa di cegah seperti saat mengganasnya varian Delta di pertengahan 2021 ini, maka orang dengan golongan rentan, seperti lansia dan ibu hamil, agar lebih mempersiapkan dengan kekuatan imunnya.

Menurut para ahli kesehatan, saat hamil, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit, karena terdapat beberapa perubahan tubuh yang mendasari kehamilan itu sendiri, sehingga hal ini memang menjadi hal yang secara alami terjadi.

Meski begitu terdapat hal yang dapat dilakukan supaya kondisi seperti ini tidak membahayakan janin dan Ibu Hamilnya.

Janin yang hadir di tubuh sang ibu seringkali dianggap benda asing oleh sistem imun, maka guna melindungi janin agar tidak diserang oleh imun sang ibu, sistem tubuh tersebut mengalami penurunan fungsi.

Dalam kondisi seperti inilah yang seringkali membuat ibu hamil, menjadi mudah terserang penyakit, bahkan infeksi penyakit ringanpun dapat menjadikan penyakit ini semakin serius.

Meningkatnya produksi hormon progesteron saat hamil juga dapat membuat otot ureter juga kandung kemih menjadi lemas, sehingga membuat urine cenderung mengendap lebih lama, dan menjadikan bakteri berkembang, dan terjadilah infeksi saluran kemih.

Meningkatnya hormon estrogen ketika hamil yang membuat saluran reproduksi lebih tinggi juga dapat membuat ibu hamil mengalami risiko infeksi jamur seperti kandidiasis.

Ditambah ketika usia kehamilan masih relatif muda, di 3 bulan pertama, perasaan mual dan muntah menjadikan ibu hamil berisiko malnutrisi, yang menyebabkan tubuh menjadi lemas, dan imun yang cenderung menurun.

Tips Agar Ibu Hamil Tidak Mudah Sakit

  • Tidak mengkonsumsi daging, ikan atau telur mentah ataupun setengah matang
  • Tidak mengkonsumsi susu tanpa proses pasteurisasi
  • Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, sesaat sebelum makan, masak atau sesudah buang air.
  • Jaga berat badan ideal selama kehamilan dan tetap mengkonsumsi makanan bergizi tinggi
  • Perbanyak istirahat dan tidur tepat waktu
  • Kurangi interaksi dengan hewan dan berbagi makanan dengan orang lain.
  • Tak hanya itu, para ibu hamil diwajibkan melakukan checkup rutin ke dokter kandungan atau ke bidan, sesuai jadwal, sesiap mungkin

dan periksakan diri guna mengidentifikasi apakah tubuh mengalami infeksi penyakit seperti penyakit seksual menular, Sifilis, Gonore, HIV.

Dan penyakit lainnya seperti infeksi Streptococcus B atau listeriosis, gunakan asuransi kesehatan, terlebih saat merencanakan kehamilan agar tidak mengalami kerugian finansial apabila mengharuskan pengobatan dengan biaya besar.(Arm)